TNI AL Tangkap Kapal Batubara Ilegal

VIVAnews - Unsur operasional TNI Angkatan Laut dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yaitu KRI Pulau Rimau-724 berhasil menangkap 3 kapal Tug Boat (TB) pengangkut batubara secara ilegal.

Seperti yang dilansir tnial.mil.id, ketiga kapal Tug Boat (TB) tersebut yaitu, TB Mentaya-I, TB Delta Jaya-I, dan TB Bahagia-I.
 
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, mengatakan,  TB Mentaya-I yang berlayar dari Bunyu menuju Tarakan tersebut adalah milik PT Riweli Tug And Barge.

Kapal tersebut dinakhodai Sumarlin dengan ABK 8 orang membawa sebanyak 4.997 MT batubara ditangkap KRI Pulau Rimau-724 pada posisi 03 14 52 U-117 42 39 T.

"Mereka ditangkap karena tidak dilengkapi dokumen, antara lain SKAB tidak ada, nakhoda dan 2 orang ABK tidak disijil, tidak dilengkapi surat ijin stasiun radio kapal laut dan tidak memiliki biro klasifikasi lambung dan radio," ujarnya.
 
TB Delta Jaya-I milik PT Satui Jaya Lines yang juga berlayar dari Bunyu menuju Tarakan dinakhodai Boas Kampong Adilong dengan ABK 7 orang membawa sebanyak 5.591.689 MT batubara, juga ditangkap KRI Pulau Rimau-724.

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Kapal tersebut ditangkap pada posisi 03 14 52 U-117 42 39 T karena tidak dilengkapi dokumen antara lain SKAB tidak ada, tidak dilengkapi surat ijin stasiun radio kapal laut dan tidak memiliki biro klasifikasi lambung dan radio.
 
Yang terakhir adalah TB Bahagia-I dengan tujuan yang sama dinakhodai Nurdin dengan ABK 10 orang membawa sebanyak 5.159,790 MT juga ditangkap KRI Pulau Rimau-724 pada posisi yang sama dimana ditangkapnya TB Mentaya-I dan TB Delta Jaya-I.

TB Bahagia-I juga tidak dilengkapi dokumen antara lain SKAB juga nakhoda dan 3 orang ABK tidak disijil dan ijin stasiun radio kapal sudah mati.
 
Sebanyak 3 kapal Tug Boat (TB) yang ditangkap oleh KRI Pulau Rimau-724 itu kesemuanya dikawal ke Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarakan. Total keseluruhan batubara yang berhasil diamankan sebanyak 10.756.479 MT.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan
Mykhaylo Mudryk

Bom Transfer Arsenal! Arteta Siap Rekrut Bintang Chelsea Idamannya

Arsenal memanfaatkan kesempatan. Mikel Arteta dikabarkan ingin mendatangkan pemain sayap baru di jendela musim panas dan dikenal sebagai pengagum Mykhaylo Mudryk.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024