Tenggelamkan Kapal, Jokowi Dinilai Politikus Gerindra Sembrono

Koarmatim Tenggelamkan Kapal Asing
Sumber :
  • Dok. Koarmatim
VIVAnews
Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL
- Langkah yang ditempuh Presiden Joko Widodo yang bersikukuh menenggelamkan kapal asing pencuri ikan dinilai sembrono. Sebab, tindakan itu dinilai bisa menjadi blunder di kemudian hari, serta membahayakan bangsa dan negara.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Menurut Anggota Komisi VI dari Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono, seharusnya pemerintah menangkap kapal nakal tersebut untuk selanjutnya dijadikan bukti pencurian terhadap negara yang
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

bersangkutan.


"Karena, setiap kapal mempunyai bendera yang dapat kita minta pertanggung jawabannya. Namun, jika tindakan ini terus dilakukan (penenggelaman), dikhawatirkan akan terjadi konflik bilateral yang

nantinya dapat membahayakan keamanan NKRI," ujar Bambang Haryo dalam keterangan tertulisnya kepada
VIVAnews
, Jumat 26 Desember 2014.


Selain ancaman konflik bilateral, lanjut dia, penenggelaman kapal yang sebelumnya dibakar ini akan berdampak buruk pada ekosistem biota laut. Hal ini juga dinilai telah bertentangan dengan aturan International Maritime Organization (IMO).


"Dalam IMO, yang boleh dibuang ke laut adalah bahan organik, bukan bahan yang non organik, dan hanya boleh (dilakukan) di atas 12 mil dari bibir pantai," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya