10 Tahun Aceh Bangkit

Misteri Raibnya Harta Benda Korban Tsunami (I)

Tsunami di Aceh.
Sumber :
  • http://ioc3.unesco.org
VIVAnews
Menko Polhukam Sebut Transaksi Judi Online 3 Bulan Pertama di 2024 Capai Rp 100 T
- 10 Tahun sudah bencana gempa dan tsunami besar Aceh berlalu. Tapi, masih banyak misteri yang belum terungkap dan diketahui masyarakat luas. Salah satunya mengenai keberadaan harta benda milik korban tsunami. Hingga saat ini, tak ada penjelasan tentang misteri ini.

5 Fakta Selebgram Chandrika Chika Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Padahal saat dilakukan operasi SAR, banyak sekali korban ditemukan bersama hartanya. Harta korban yang ditemukan berupa perhiasan, emas, permata, uang dan lainnya bak raib tak tahu rimbanya. Lalu ke mana perginya harta korban tsunami itu?
Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika


Seorang koordinator relawan tsunami 2014, Murthalamuddin kepada VIVAnews menceritakan perihal misteri harta korban tsunami.


Murthalamuddin mengisahkan, pasca tsunami melanda, ia dan relawan lainnya bertugas mencari dan mengevakuasi jenazah untuk dikumpulkan di satu posko penampungan jenazah sementara.


Tak hanya mengevakuasi jasad korban, relawan saat itu juga bertugas mengumpulkan harta berbenda milik korban yang ditemukan pada jenazah.


“Saya mengumpulkan banyak harta korban. Emas, uang, dan surat-surat penting lainnya. Waktu itu, setelah saya kumpulkan, saya titip ke relawan yang saya bawa dari sebuah pondok pesantren dari Aceh Utara,” ungkap Murthala, Kamis 25 Desember 2014.


Tapi seiring waktu berjalan, ia dan relawan lain tidak tahu ke mana harta yang telah dikumpulkan itu. "Saat itu kami tidak memikirkan itu, karena memang korban sangat banyak," ujarnya.


Harta Ikut Dikuburkan


Tidak semua harta benda yang melekat pada tubuh korban sempat diamankan relawan. Masih banyak harta benda yang berada di tubuh korban saat jenazah korban akan dimakamkan secara massal.


"Masih banyak harta terutama emas dan uang yang dikuburkan bersama jasad," paparnya.


Sebagian besar harta sulit diambil dari tubuh korban karena kondisi jenazah sudah membengkak dan ada juga yang sudah rusak.


"Seperti cincin, tidak mungkin dibuka dari jari tangan yang sudah mulai bengkak. Uang di saku baju korban," jelasnya.


Pencuri di tengah bencana.


Sangat disayangkan, di saat bencana melanda, ada saja tangan jahil yang tega memanfaatkan kondisi.


Bersambung ke

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya