Jalur Tasikmalaya-Garut Terputus Akibat Jalan Ambles

Jalan rawan longsor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo
VIVAnews
Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK
- Jalur Tasikmalaya menuju Garut atau sebaliknya terputus akibat jalan ambles di Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu, 24 Desember 2014. Badan jalan yang ambles sepanjang 60 meter dan lebar lima meter sehingga tak dapat dilalui kendaraan.

10 Lahan Terlantar yang Paling Menakjubkan di Bumi Saat Ini

Menurut Kapala Dinas Binamarga Garut, Eded Komara Nugraha, jalan ambles itu akibat kawasan tersebut terus menerus diguyur hujan deras selama sepekan terakhir. Belum ada upaya evakuasi atau perbaikan jalan yang ambles itu karena kondisi tanah masih sangat labil dan berbahaya.
Barikade 98 Ajukan Amicus Curiae, Minta Hakim MK Putuskan Sengketa Pilpres Secara Adil


"Kondisi tebing masih bergerak, kami masih menunggu hingga nanti tanah berhenti bergerak, karena ini sangat berbahaya," kata Nugraha, Rabu, 24 Desember 2014.


Amblesnya jalan itu akibat terseret tebing yang kondisinya labil. Badan jalan yang ada di bawahnya turut ambles hingga kedalaman satu meter.


"Di atas tebing dulunya bekas kolam, mungkin kondisi tanah jenuh sehingga saat turun hujan menjadi ambles,” ujarnya.


"Bahkan, tiang pancang yang sebelumnya dipasang akibat kejadian yang sama, juga saat ini ikut rusak," dia menambahkan.


Selain itu, di Kecamatan Singajaya, ada tiga titik longsor dan dua jembatan yang hanyut akibat banjir bandang hingga kini belum tertangani. Itu diakibatkan keterbatasan alat berat yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Garut. Ada empat alat berat namun hanya dua yang berfungsi dan yang lain sedang diperbaiki.


"Mudah-mudahan tahun 2015 ini kami mendapatkan tambahan empat alat berat yang baru agar penanganan bencana alam bisa dilakukan lebih cepat," ujar Nugraha.


Baca berita lain:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya