Kasus HIV/AIDS di Subang Cenderung Meningkat

VIVAnews - Dinas Kesehatan Subang, Jawa Barat, menemukan penderita HIV/Aids sebanyak 284 kasus. Kasus itu paling banyak ditularkan melalui hubungan sex (73 persen), jarum suntik (20 persen), dan penularan pada bayi dari ibu (2 persen).

Koordinator Program Penanganan dan Pencegahan IMS HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Subang, Suwata, mengatakan kalangan usia produktif paling banyak menderita sekitar 80% yakni 15-30 tahun.

Suwata menyatakan, kasus tersebut terus mengalami kenaikan sejak tahun 2006-2009. "Kerjasama dengan berbagai lembaga sudah kami lakukan untuk mencegah penyebaran yang lebih besar lagi," kata Suwata, ditemui di kantornya, Selasa 12 Mei 2009.

Namun kerjasama tidak akan efektif, bila upaya masyarakat untuk meminimalisir tidak ada. Sehingga perlu dilakukan pelayanan langsung ke masyarakat, baik layanan klinik, manajemen kasus (MK), dan klinik satelit. Dengan demikian mereka tidak lagi enggan berkonsultasi.

Laporan: Inin Nastain | Subang

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024