Diduga Korupsi Dana Bencana, Anggota DPRD Ditangkap

Ilustrasi/Tahanan kabur
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang Lawas ditangkap petugas Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara pada Selasa, 23 Desember 2014. Dia disangka menyelewengkan dana dana bantuan bencana daerah dari anggaran tahun 2011 sebesar Rp2 miliar.

Tersangka adalah Amiruddin Harahap. Dia ditangkap di sebuah areal perkebunan di Desa Bulusonik, Kecamatan Barumun, Padang Lawas. Dia dijemput paksa setelah beberapa kali mangkir dari panggilan pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan.

Amiruddin Harahap salah seorang dari tujuh tersangka dalam kasus korupsi itu. Enam tersangka lain sudah lebih dahulu divonis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Medan dan telah menjalani hukuman.

Tersangka Amiruddin, yang juga adik Bupati Padang Lawas itu, menjalani serangkaian pemeriksaan tahap dua di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, seperti kelengkapan berkas maupun tes kesehatan.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, M Yusni, penyidik sempat kerepotan menangkap tersangka karena sudah dua kali mangkir. Berbagai alasan diupayakan, salah satunya memberitahukan sakit, namun tidak dapat membuktikan dengan surat sakit. Bahkan, tersangka sempat dilantik menjadi anggota DPRD agar penyidik tidak mudah melakukan penahanan.

Kuasa hukum tersangka, Taufik Siregar, membantah tudingan memperlambat penahanan Amiruddin. Kliennya sudah kooperatif namun belakangan memang sakit.

Kasus itu berawal saat Kabupaten Padang Lawas mendapatkan dana bantuan bencana daerah tahun 2011 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana senilai Rp5 miliar.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Dalam perkara itu, penyidik Kejaksaan menemukan dugaan kerugian negara hingga Rp2 miliar. Dana itu untuk memasang bronjong yang tidak sesuai sebelas paket pekerjaan BPBD Padang Lawas. Ditemukan pula penyimpangan dana yang dilakukan kelima rekanan.

Budi Hermansyah/Medan

Baca berita lain:





Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024