Migrant Care: Pemulangan TKI Bermasalah Langkah Ad Hoc

Pesawat penjemput TKI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVAnews - Pemerintah hari ini, Selasa, 23 Desember 2014, memulangkan 1.428 Tenaga Kerja Indonesia, yang ditahan di penjara Imigrasi Malaysia. Proses pemulangan dilakukan dilakukan melalui dua gelombang, pertama dilakukan hari ini, dan kedua dilakukan besok, Rabu, 24 Desember 2014.

Sebanyak 7 pesawat Hercules TNI Angkatan Udara dikerahkan untuk menjemput para buruh migran di negeri jiran itu. Untuk gelombang pertama, Hercules akan mengangkut kembali ke Tanah Air. Bandar Udara Halim Perdanakusuma akan menjadi bandara debarkasi di Indonesia.

Analis Kebijakan Migrant Care, Wahyu Susilo menilai langkah yang dilakukan pemerintah dengan memulangkan TKI ilegal di Malaysia merupakan langkah ad hoc. Menurut dia, langkah tersebut akan terkesan percuma bila tidak dibarengi diplomasi jangka panjang terkait masalah buruh migran di Malaysia.

"Mungkin ada manfaatnya untuk jangka pendek," kata Wahyu kepada VIVAnews.

Pemerintah, lanjut dia, harus menempuh cara diplomasi dengan Malaysia, sambil mencari solusi yang saling menguntungkan kedua pihak untuk penanganan buruh migran Indonesia di Malaysia. "Artinya Malaysia harus fair soal document of migrant worker. Mayoritas pengguna (TKI) kan Malaysia, mereka juga harus menghukum pengguna TKI (yang tidak memiliki dokumen resmi)," ujar Wahyu.

Wahyu menuturkan, masalah lain yang perlu jadi perhatian pemerintah adalah memastikan hak kewarganegaraan anak-anak TKI yang lahir di Malaysia. Mengingat para TKI itu tinggal dan bekerja di Malaysia tidak menggunakan dokumen yang sah atau ilegal.

"Saya kira anak-anak TKI harus diselesaikan status warga negaranya, seperti akta kelahiran. Jangan asal mereka dipulangkan ke sini, tapi tidak punya status apa-apa," terang dia.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Sebagaimana diketahui, menurut data Menteri Ketenagakerjaan, dari 1.428 TKI ilegal di Malaysia, sebanyak 963 orang merupakan laki-laki dan sisanya sebanyak 397 orang merupakan perempuan. Dari jumlah itu ada 68 orang di antaranya masih di bawah umur. (art)

Ghea Indrawari

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun di usianya sekarang ini, Ghea Indrawari merasa masih ada banyak hal yang perlu ia lakukan sendiri termasuk mengejar kariernya di industri hiburan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024