Raih Ilmu Setinggi-tingginya, Jejak Ummu Salamah Diikuti Anak dan Cucu

Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat

VIVAnews - Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah MS, kelahiran Garut, 4 April 1948 silam ini tetap tak patah semangat memberikan perkuliahan kepada para mahasiswanya di Fakultas Komunikasi Universitas Garut (UNIGA). Di balik kesuksesan dirinya dalam dunia pendidikan, ternyata diikutii oleh keenam putranya yang kini masih berkomitmen untuk meneruskan jejak sang ibu.

Saat berbincang dengan VIVAnews di kediamannya, di Jalan Patriot, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Hj Ummu mengaku kesuksesan dirinya dalam dunia pendidikan berkat dukungan sang suami (alm) Prof. H. Cecep Syarifuddin yang meninggal dunia empat tahun lalu.

"Ya, bapak sangat mendukung saya untuk tetap meneruskan pendidikan walaupun waktu itu saya sudah memiliki enam orang anak, karena saat menikah saya baru lulus SMA," ujarnya, Senin 22 Desember 2014.

Berkat kerja keras serta dukungan sang suami, Ummu terus melanjutkan pendidikan perkuliahan. Setahap demi setahap, jenjang perkuliahan diikuti pula oleh keenam putranya yang saat ini, rata-rata memiliki gelar sarjana S2.

Keenam putranya tersebut masing-masing, Dr. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, Aji Abdul Wahid, S.IP., M.Si, Prof. Dr. Moh. Ali Ramdani, MT, Irfan Naghani, SE., MT, Ahmad Syarif Munawi, SE.,ME., MSc dan Dr. Hilmi Aulawi, MT.

"Kata bapak, bu harus kuliah, nanti bapak bikinkan tempat kuliahnya," ujar Ummu sambil mengenang untuk menirukan ucapan sang suami saat memberikan motivasi agar dirinya melanjutkan pendidikan. "Nah, tempat kuliahnya yang sekarang adalah UNIGA," terangnya.

Dirinya pun mengaku suka ditantang balapan untuk menyelesaikan pendidikan. Terutama oleh anak paling besar, tapi tetap saja dirinya yang menang.

Dalam menerapkan pola pendidikan di rumah agar anak-anak tetap semanagat belajar, diakui Ummu bahwa dirinya tidak pernah menyuruh keenam anaknya untuk belajar dan tidak memarahi salah satu anaknya yang malas belajar. Namun, dengan memberikan contoh langsung ternyata diikuti oleh seluruh anaknya.

"Saya tidak pernah menyuruh anak-anak untuk belajar, tetapi dengan memberikan contoh oleh saya sendiri, ternyata seluruh anak saya berhasil menyelesaikan perkuliahan," terangnya.

Ummu menyampaikan, keberhasilan dirinya tersebut tidak terlepas dari dukungan sang suami yang pernah menduduki jabatan di MPR dan DPR RI selama beberapa priode. Semasa hidup (alm) Cecep Syarifuddin memberikan keleluasan bagi Ummu untuk mengurusi keluarga.

"Termasuk masalah keuangan, bapak menyerahkan seluruh pengelolaan keuangan kepada saya. Bapak bilang bahwa bapak bertugas hanya mencari uang saja," ungkapnya.

Ternyata jejak langkah almarhum, Cecep Syarifuddin juga diikuti oleh para putranya. Bahkan, para menantunya pun hingga saat ini sudah memberikan 19 cucu bagi Ummu yang juga terus mengenyam pendidikan agar diikuti oleh para cucunya.

"Ya, pola pendidikan yang dilakukan oleh anak-anak saya juga sama. Menantu saya juga kuliah terus, termasuk cucu saya yang paling besar kini sudah kuliah," tambahnya.

Prof. Hj. Ummu Salamah, MS, merupakan anak dari pasangan Prof. KH. Anwar Musaddad dan Hj. Atikah Kutubi. Ummu adalah Guru Besar Universitas Pasundan Bandung, Ketua Yayasan Musadaddiyah Garut, Ketua Dewan Pembina Universitas Garut (UNIGA) selain juga aktif menjadi dosen untuk mata kuliah Psikologi Komunikasi di Fikom UNIGA. (ren)

Baca juga:

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam
Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024