Pemulangan 1.428 TKI dari Malaysia Dibuat 2 Gelombang

Ratusan TKI dideportasi Malaysia melalui pelabuhan Bintan
Sumber :
  • Antara/ Feri
VIVAnews
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
- Proses penjemputan 1.428 Tenaga Kerja Indonesia, yang ditahan di penjara Imigrasi Malaysia, akan dilakukan dua gelombang, mulai Selasa 23 Desember hingga Rabu 24 Desember 2014. Pemulangan ini akan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara dari Bandar Udara Kuala Lumpur menuju Bardara Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

"Koordinasi teknis sudah dilakukan," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri usai rapat persiapan akhir pemulangan TKI di kantornya, Senin 22 Desember 2014.
9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!


Data Mennaker, dari total TKI tersebut, diketahui sebanyak 963 orang merupakan laki-laki dan sisanya sebanyak 397 orang merupakan perempuan. Diketahui juga, dari jumlah itu ada 68 orang di antaranya masih di bawah umur.


"Kami sudah lakukan verifikasi ulang bersama KBRI di Kuala Lumpur. Ada juga TKI yang bermasalah, nanti akan diselesaikan lebih dahulu," kata Hanif.


Sejumlah alasan dasar yang memaksa pemerintah untuk memulangkan TKI tersebut, kata Hanif, di antaranya karena mereka tidak memiliki izin tinggal resmi, melebihi batas waktu tinggal hingga ada juga yang melakukan pemalsuan dokumen izin kerja.


"Saya juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak Malaysia. Mudah-mudahan tidak ada kendala berarti," kata Hanif. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya