Awas Lahar Dingin dari Letusan Gunung Gamalama

Ilustrasi Abu Vulkanik
Sumber :
  • Antara/Abdul Fatah
VIVAnews
Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"
- Warga di sekitar Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, diminta mewaspadai potensi aliran lahar dingin dari erupsi gunung api itu mengingat kini sudah memasuki musim hujan. Peringatan itu diutamakan kepada warga di Kelurahan Tubo, Ternate Utara

Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim

Lahar dingin disebut juga lahar hujan, yaitu material vulkanis yang telah terguyur air hujan, baik bersuhu tinggi maupun bersuhu normal.
Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng


Warga sekitar gunung juga tetap diimbau tidak beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Gamalama. Sebab aktivitas kegempaan masih fluktuatif: gempa tremor dan gempa tektonik.


Warga di Kota Ternate tetap beraktivitas seperti biasa. Abu yang menutupi jalanan Kota Ternate juga tampak hilang karena sejak pagi hingga siang tadi turun hujan cukup deras.


Aktivitas kegempaan vulkanik Gunung Gamalama masih tinggi. Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sejak pagi hingga sore, Senin, 22 Desember 2014, terekam sebanyak satu gempa tremor hembusan menerus amplitudo 1-1,5 milimeter, enam kali gempa hembusan amplitudo 1,5 milimeter dan enam kali gempa tektonik jauh amplitudo 1,5 milimeter.


Secara visual, teramati asap tebal berwarna putih masih terus menyembur dari pusat letusan dengan ketinggian 25 meter hingga 100 meter dari puncak Gamalama. Semburan asap mengarah ke bagian tenggara Gamalama. Cuaca dilaporkan cerah. Angin tenang dan lemah dari arah barat.


Marwan Dias Aswan dan Firdaus Amar/Ternate


Baca berita lain:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya