Peringati Hari Ibu, Pedagang Pasar di Solo Gelar Kenduri Buah

Peringati Hari Ibu, Pedagang Pasar di Solo Gelar Kenduri Buah
Sumber :
  • Fajar Sodiq (Solo)

VIVAnews - Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Ibu pada hari ini, Senin, 22 Desember 2014. Seperti yang dilakukan para pedagang di Pasar Gede, Solo. Mereka menggelar kenduri untuk mendoakan para ibu. Tak hanya itu, para pedagang yang sebagian besar kaum perempuan itu juga menyebarkan gunungan buah kepada masyarakat.

Par‎a ibu pedagang di Pasar Gede itu berkumpul di sisi barat pasar peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta, tepatnya di los buah. Mereka berpakaian tradisional, yakni kebaya serta sanggul atau konde. Mereka menyiapkan berbagai macam perlengkapan untuk acara kenduri, seperti halnya nasi tumpeng, nasi urap atau gudangan serta gunungan buah yang berisi ragam buah.

Para pedagang, perempuan maupun laki-laki, terus berkumpul untuk menggelar kenduri dan doa bersama untuk mendoakan para ibu dalam peringatan Hari Ibu. Setelah berdoa dipanjatkan, ‎nasi tumpeng pun dipotong oleh perwakilan ibu-ibu pedagang untuk dibagikan kepada ketua paguyuban Pasar Gede.

Para ibu pedagang ‎itu kemudian menggotong gunungan buah-buahan untuk dibagikan kepada pengunjung pasar serta pengguna jalan yang melintas kawasan depan Pasar Gede. Dalam sekejap gunungan itu ludes diambil warga masyarakat.

Seorang pedagang buah, Suyatmi, mengatakan bahwa ide menggelar kenduri dalam memperingati Hari Ibu itu berasal dari para pedagang di Pasar Gede. Kegiatan itu untuk ikut mendoakan para ibu supaya diberi keberkahan.

"‎Peringatan Hari Ibu ini kami para ibu pedagang di Pasar Gede mendapatkan dukungan dari bapak-bapak di pasar untuk menggelar acara ini. Jadi, bapak-bapak ingin memanjakan ibu-ibu, salah satunya dengan menggelar kenduri dalam peringatan Hari Ibu,” katanya, Senin, 22 Desember 2014.

Kegiatan itu  dilanjutkan dengan mengarak gunungan buah-buahan ke depan pasar. Gunungan pun langsung ludes dirayah warga. "Selain gunungan, kami juga membagi-bagikan buah-buahan kepada para pengguna jalan. Inilah semangat kami dalam merayakan Hari Ibu,” tuturnya.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Gede, Jumadi, mengatakan bahwa kegiatan ‎itu memang dilakukan untuk memperingati Hari Ibu, yang melibatkan para ibu pedagang di Pasar Gede.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

"Harapannya, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin paguyuban pasar dalam memperingati Hari Ibu," ucapnya.

Baca berita lain:





Ilustrasi bermain game online.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Dalam era digital yang semakin maju, game online telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang paling populer. Namun, kecanduan game online bisa berdampak negatif.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024