Gunung Gamalama Terus Bergolak, Warga Diminta Waspada

Ilustrasi Abu Vulkanik
Sumber :
  • Antara/Abdul Fatah
VIVANews
Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
- Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara masih menunjukkan aktivitas kegempaan. Seismograf milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi bencana Geologi (PVMBG) terus merekam aktifitas gunung yang baru saja meletus ini.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Darmo Lamane mengatakan, hingga hari ini Gunung Gamalama masih terus menunjukkan aktivitas kegempaan. Data seismograf mencatat, gempa tremor terus menerus terjadi. Selain itu, asap juga masih menghembus dari puncak gunung. Hal ini menyebabkan Kota Ternate bagian utara diselimuti abu vulkanik. Menurut dia, tinggi hembusan abu vulnanik berada pada kisaran 200 hingga 500 meter dari puncak gunung.
3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

 

"Sejak dini hari hingga pagi ini masih terdengar suara gemuruh," ujarnya, Sabtu, 20 Desember 2014. 


Meski demikian, Darmo meminta warga tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, warga juga diminta mengikuti arahan PVMBG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).


Sebelumnya, Gunung Gamalama meletus pada Kamis malam, 18 Desember 2014. Gunung api setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu mengeluarkan suara gemuruh disertai asap tebal.


Firdaus Amar/TVONE Ternate

   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya