Kejagung Telusuri Transaksi Mencurigakan Bupati Bengkalis

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir

VIVAnews - Kejaksaan Agung menelusuri delapan rekening gendut milik kepala daerah yang diserahkan dari hasil analisis Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Salah satu rekening mencurigakan itu diduga milik Bupati Bengkalis, Riau, Herliyan Saleh.

"Kasus (Rekening Gendut) Bupati Bengkalis penyelidikannya jalan terus," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Widyo Pramono, Jumat 19 Desember 2014.

Widyo mengungkapkan, terkait penyelidikan kasus yang melibatkan Bupati Bengkalis tersebut, penyidik Kejagung sudah menahan satu tersangka.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Tersangka yang dimaksudkan Widyo itu adalah Direktur Utama BUMD PT Bumi Laksamana Jaya (BLJ) berinisial YA. Ia diduga melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang sebesar Rp300 miliar. "Bahkan ada yang sudah ditahan," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam kasus ini, pihaknya akan memanggil Herliyan untuk diperiksa sebagai saksi bila diperlukan. Widyo menegaskan, tidak ada satu pun dari delapan kepala daerah yang diduga pemilik rekening gendut itu yang terhindar dari Kejaksaan dalam menangani kasus tersebut.

"Panggil memanggil sesuai kebutuhan penyidik. Yang pasti tidak ada yang bisa menghindar dari panggilan Jaksa," tegasnya.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun, delapan kepala daerah yang diduga memiliki rekening gendut tersebut di antaranya Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam; mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono.

Kemudian mantan Bupati Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Achmad Amur; Bupati Bengkalis, Riau, Herliyan Saleh; Bupati Rejang Lebong, Bengkulu, Suherman; dan mantan Bupati Klungkung, Bali, I Wayan Candra.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Selain itu, ada transaksi mencurigakan seorang gubernur aktif ditangani Kejagung, namun belum diketahui siapa orangnya.

"Tunggu saja proses penyelidikannya. Sekarang sudah ada yang tahap penyelidikan, penyidikan dan bahkan penuntutan," ujarnya.

wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024