Saksi Sebut Bupati Empat Lawang Setor ke Teman Dekat Akil

Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Bupati Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri disebut pernah memberikan uang sebesar Rp5 miliar kepada orang dekat Akil Mochtar yang bernama Muhtar Ependy.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Uang tersebut diduga sebagai uang muka dalam pengurusan sengketa Pilkada Kabupaten Empat Lawang di Mahkamah Konstitusi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mico Fanji Tirtayasa, saat menjadi saksi untuk terdakwa Muhtar Ependy, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 18 Desember 2014. Mico diketahui merupakan sopir dari Muhtar.

Dalam keterangannya, Mico mengungkapkan bahwa Muhtar pernah dua kali bertemu dengan Budi pada Juli 2013. Pertemuan pertama dilakukan di Kelapa Gading, Soto Senayan.

Selang sepekan setelah pertemuan pertama, keduanya kembali bertemu, namun di tempat yang berbeda. "Di Pisang Ijo, Kelapa Gading," ujar Mico.

Mico mengaku sempat mendengar percakapan antara Muhtar dengan Budi. Menurut dia, Budi saat itu meminta bantuan Muhtar Ependy, karena kalah dalam Pilkada tahun 2013.

"Pak Budi hanya minta tolong ke bapak bahwa beliau dizalimi, dicurangi di Pilkada jadi minta tolong bapak," kata dia.

Dia menambahkan, saat itu, dia hanya mendengar percakapan awal saja antara Muhtar dengan Budi. Namun, usai pertemuan itu, Muhtar menceritakan ihwal percakapannya dengan Budi.

"Di mobil dikasih tahu sama Muhtar. Budi mau kasih Rp5 miliar untuk DP karena dia yakin menang, suara tidak kalah," terang Mico.

Sebelumnya, pada analisis yuridis putusan vonis terhadap Akil Mochtar, majelis hakim menilai bahwa Budi Antoni diduga pernah memberikan keterangan tidak benar saat menjadi saksi di persidangan. Majelis menilai Budi bersama dengan istrinya, Suzanna, memberikan keterangan tidak benar terkait uang sebesar Rp10 miliar dan US$500 ribu, terkait sengketa Kabupaten Empat Lawang.

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024