Ini Wilayah di Bandung Paling Terkena Dampak Puting Beliung

Banjir di Baleendah Bandung
Sumber :
  • ANTARA/Agus Bebeng

VIVAnews - Kelurahan Cipadung, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, sejauh ini bisa dikatakan jadi salah satu titik kawasan yang paling terkena dampak dari sapuan angin puting beliung dan hujan deras yang melanda wilayah Bandung Timur, Kamis petang 18 Desember 2014.

Meski belum ada data resmi dari pihak pemerintah baik kelurahan maupun Pemkot Bandung, di wilayah Cipadung diperkirakan ada ratusan rumah, termasuk gedung-gedung di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung yang mengalami kerusakan.

Di Kelurahan Cipadung, permukiman warga yang paling parah terkena terjangan angin puting beliung ada di Kampung Pangaritan. Menurut penuturan warga setempat, ada puluhan bahkan ratusan rumah yang mengalami kerusakan. Selain itu, di kawasan ini seorang nenek dilaporkan meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah yang roboh.

Kerusakan rumah warga ini umumnya terjadi pada bagian atap rumah akibat genting yang beterbangan. Namun, tak sedikit juga rumah warga yang temboknya ambruk.

"Kerusakan rumah terjadi di empat rukun warga. Belum tahu berapa pastinya yang rusak karena belum ada datanya, tapi diperkirakan ratusan," ungkap salah seorang warga Kampung Pangaritan, Ratma.

Warga di Kampung Pangaritan sepertinya harus menghabiskan malam ini dalam kondisi gelap gulita karena pihak PLN melakukan pemutusan aliran listrik akibat banyaknya tiang listrik yang tersapu angin puting beliung, dan kabel yang melintang di tengah jalan hingga cukup membahayakan warga.

Sementara itu, kerusakan parah juga terjadi di Gedung Kampus UIN SGD Bandung. Material bangunan tampak berserakan di sekitar areal kampus. Bahkan, tiga unit bus milik pihak kampus yang sedang diparkir ikut tertimpa material plafon salah satu bangunan yang sedang direnovasi.

Kerusakan rumah dan bangunan lainnya yang cukup parah hingga mencapai puluhan, juga terjadi di Kelurahan Cisaranten Wetan, Kecamatan Cinambo.

Selain puting beliung yang menyebabkan ratusan rumah di wilayah Bandung Timur mengalami kerusakan, cuaca ekstrem yang melanda Bandung juga menyebabkan banjir di sejumlah titik.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Seperti di jalur utama Rancaekek-Bandung, genangan air setinggi sekitar 40-60 sentimeter bahkan di beberapa titik mencapai satu meter menyebabkan kemacetan parah berjam-jam.

Bahkan sejumlah kendaraan yang terparkir di sekitar kawasan Pabrik Kahatex terendam air hingga membuat kawasan Rancaekek seperti danau. (art)

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024