Ini Faktor Penyebab Longsor Banjarnegara versi LIPI

Evakuasi Longsor Banjarnegara Hari ke-2
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?
- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan, ada dua faktor penting yang menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Menurut Dr. Adrin Tohari dari Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, dua faktor penyabab terjadinya longsor di Banjarnegara di antaranya, derajat kemiringan lahan yang curam dan terjadl serta aliran air.
Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah


"Lokasi gerakan tanah di jemblung berada di daerah dengan kemiringan 60 derajat," papar Adrin pada Rabu 17 Desember 2014.


Adrin menjelaskan, struktur tanah di Dusun Jemblung tersusun dari tanah lempung. Di titik longsoran diduga terdapat aliran air dalam tanah, hal itu dibuktikan dengan ditemukannya mata air gawir.


Aliran air bawah tanah mengalir melalui rekana dan atau bidang terlemah pada lereng bukit yang longsor.  Dengan kondisi itu, potensi terjadinya bencana longsor sangat tinggi.


Yang terjadi di Dusun Jemblung diperkirakan juga dipicu tingginya curah hujan.


"Dari data BMKG 11 hari sebelum kejadian, curah hujan di kawasan tersebut mencapai 50% dari rata rata curah hujan di kawasan tersebut" jelas Adrin. (ren)


Nuvola Gloria/ Jakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya