Buru Pengemplang Pajak, Calon Dirjen Pajak Ini Gandeng Polisi

Sejumlah wajib pajak melakukan pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Langkah Direktorat Jenderal Pajak untuk memberantas para pengemplang pajak terus dilakukan. Salah satu calon Direktur Jenderal Pajak, Edi Slamet Irianto, berbagi pengalaman dalam membongkar para penyeleweng pajak di Jawa Tengah. Edi saat ini merupakan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah I.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Salah satu langkah yang dijalani yaitu bekerja sama dengan Direktorat Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah, untuk mengejar pelaku pengemplang pajak senilai Rp1,6 miliar yang adalah Soetijono.

Menurut Edi, atas perbuatannya, Soetijono telah melanggar pasal 39 tentang Undang Undang Perpajakan. Soetijono telah terang-terangan menerbitkan faktur pajak yang bukan menjadi haknya.

"Yang bersangkutan juga memungut pajak, tetapi tidak menyetorkan ke DJP. Atas pelanggaran itu tersangka diancam hukuman denda minimal 200-400 persen dari nilai pajak, dan pidana minimal 2 tahun dan maksimal 6 tahun," tulis Edi dalam keterangnnya, Kamis 4 Desember 2014

Edi mengungkapkan, saat operasi penggeledehan atas Soetijono di kediamannya, Perumahan Griya Kedondong Asri Semarang, sempat terjadi cekcok dari pihak keluarga tersangka.

"Ini karena anak Soetijono yang mengetahui kedatangan petugas berupaya menghalangi petugas pajak dan polisi untuk membawa ayahnya," katanya

Setelah itu, lanjut Edi, petugas kemudian menjelaskan kepada keluarga tersangka untuk melakukan penggeledahan berdasarkan surat izin dari Pengadilan Negeri Semarang. Akhirnya, petugas pajak dan polisi diizinkan untuk menggeledah rumah Soetijono.

"Namun, Soetijono ketika itu tidak berada di tempat dan petugas hanya menyita beberapa dokumen sebagai barang bukti tindak penggelapan pajak," kata Edi.

Calon Dirjen

Seperti diketahui, panitia seleksi telah merampungkan penilaian tes penulisan makalah yang hasilnya ada 11 orang dari 28 calon lolos tahapan uji tersebut, salah satu yang lulus yaitu Edi Slamet Irianto.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sementara 10 orang lainnya adalah Catur Rini Widosari (Direktur Keberatan dan Banding Ditjen Pajak), Dadang Suwarna (Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak).

Selanjutnya, Muhammad Haniv (Kepala Kantor Wilayah Banten), Poltak Maruli John Liberty Hutagaol (Direktur Peraturan Perpajakan II), Sigit Priadi Pramudito (Kepala Kanwil Wajib Pajak Besar), Ken Dwijugiasteadi (Kepala Kanwil Jawa Timur I), dan Wahju Karya Tumakaka (Direktur Transformasi Proses Bisnis). (one)

Baca juga:

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM
VIVA Militer: Serangan roket Katyusha milisi Hizbullah Lebanon

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Sekitar 15 roket pada hari Rabu, 24 April 2024, ditembakkan dari Lebanon selatan menuju wilayah Galilea utara Israel dan memicu sirene di daerah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024