Batu Bermotif Sidik Jari Cocok untuk Pejabat Polri

Batu sidik jari
Sumber :
  • VIVAnews/Diki Hidayat

VIVAnews - Keunikan batu Garut, Jawa Barat, bukan hanya dari warna yang menarik. Melainkan dari bentuk gambar yang tampil dari susunan warna dalam bongkahan batu akik.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Salah satunya batu milik Maman Sudaran (63 tahun), warga Perum Graha Mutiara Indah, Desa Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Batu milik Maman cukup unik, yang mana bermotif mirip sidik jari manusia.

Batu itu berukuran lebar 2 cm dan panjang 10 cm, latar belakangnya warna hitam, coklat dan putih dengan guratan melingkar seperti susunan sidik jari yang identik dengan tugas kepolisian.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Ya, ini mirip sekali dengan sidik jari manusia, saya berharap batu ini dimiliki oleh pejabat kepolisian seperti Kapolri lah," ujar pemilik galeri batu akik Garut "Al-Hijr" di Jalan Oto Iskandar Dinata, Garut, Sabtu 29 Nopember 2014 kepada wartawan.

Maman menceritakan bahan batu yang kini menjadi sekeping liontin itu berasal dari bongkahan batu jenis pancawarna telur kepiting seberat 12 kg yang diperoleh dari Gunung Kencana, Kecamatan Caringin, Garut.

"Hanya kepingan ini yang membentuk motif sidik jari, sementara yang lainnya hanya batu pancawarna biasa dengan berbagai motif gambar," ungkapnya.

Batu sidik jari kini telah menjadi salah satu batu unggulan milik Maman. Popularitas baru bermotif sidik jari itu makin meroket usai beberapa kali diikutsertakan dalam pameran batu. Maman mengaku batu andalannya itu cukup diburu para kolektor batu, termasuk artis penggemar batu yang berharap bisa memiliki batu sidik jarinya.

"Terus terang saja, banyak yang ingin memiliki batu ini, termasuk artis, tapi belum saya kasih, nggak tahu kalau Pak Kapolri yang datang," ucap Maman.

Saat ditanya harga, Maman mengatakan penawaran tertinggi untuk batu sidik jari itu mencapai Rp25 juta.

"Sebenarnya, saya tidak bisa menetapkan harga, jika memang cocok ya kenapa tidak saya lepas," imbuhnya.

"Menurut mitos, batu itu seperti jodoh, kalau sudah pas ya akan jadi pemiliknya," kata Maman. (one)

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Baca juga:

Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024