Curhat Kajati ke Jokowi: Sulitnya Hadirkan Saksi Naik Boat 2 Hari

Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVAnews - Presiden Joko Widodo baru saja mengumpulkan seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia. Jokowi memberikan kesempatan kepada para kajati untuk curhat berbagai permasalahan di lapangan.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Menurut Jokowi, ada beberapa persoalan yang mereka keluhkan. Misalnya masalah pemberantasan narkoba dan korupsi.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Misalnya di Maluku dan Papua, untuk mendatangkan saksi dari sebuah pulau ke kota harus naik boat dua hari. Harus naik pesawat yang di Papua," kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat 29 November 2014.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Ini kata dia, adalah hal yang tidak terbayangkan di Ibu Kota Jakarta. "Tapi kalau tadi bertemu dengan kejati, bisa kelihatan semuanya (berbagai masalah)," ujar dia.

Oleh karena itu, menurut Jokowi, salah satu solusi dari masalah kejati yang berada di pelosok daerah itu misalnya dengan menaikkan biaya perkara di daerah yang medannya sulit.

Sebelumnya, Jaksa Agung HM Prasetyo mengeluh kepada Presiden Joko Widodo terkait jumlah pengadilan tindak pidana korupsi. Menurut dia, di beberapa daerah yang memang medannya sulit, pengadilan tipikor akhirnya menjadi terhambat.

Selain mengeluhkan tentang pengadilan tipikor, Prasetyo juga mempersilakan para Kajati menumpahkan keluh kesahnya kepada Jokowi terkait hambatan-hambatan di daerah masing-masing.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya