TNI: Belum Ada Perintah Penggantian Pangdam Bukit Barisan

Kapuspen TNI Mayjend M. Fuad Basya
Sumber :
  • Vivanews/Zahrul

VIVAnews - Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia, Mayor Jendral TNI M. Fuad Basya, membantah tentang pergantian Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan.

Terkait bentrok prajurit TNI Angkatan Darat dengan personel kepolisian di Batam beberapa waktu lalu,  Ryamizard Jumat pagi tadi mengatakan telah dilakukan pergantian Pangdam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal Winston Simanjuntak, dan Komandan Kodim 0316 Batam,  Letnan Kolonel Infanteri Josep Tarada Sidabutar.

Tapi pernyataan berbeda disampaikan Markas Besar TNI. "Belum ada mutasi," ujar Fuad ketika dihubungi VIVAnews, Jumat 28 November 2014.

Fuad mengatakan mutasi prajurit dilakukan sesuai dengan keputusan Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Menurutnya hingga saat ini belum ada keputusan Panglima TNI berkaitan dengan mutasi Pangdam Bukit Barisan maupun Dandim Batam.

"Sampai saat ini belum ada surat keputusan dari Panglima TNI," katanya.

Di Istana Bogor, Ryamizard mengatakan pencopotan terhadap keduanya telah dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo. Menurut Ryamizard konflik Batam harus dicari permasalahannya dan ada sanksi untuk yang melakukan bentrokan.

"Perintah presiden memang harus dipecat, jangan ditolerir. Arahan dari presiden," katanya. (ren)

Baca juga:

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan petinggi perusahaan tambang, Freeport McMoran di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024