Jaksa Agung: Tahun Ini Kami Selamatkan Uang Negara Rp202 Miliar

Jaksa Agung Baru
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Jaksa Agung yang baru saja dilantik beberapa hari lalu, HM Prasetyo, hari ini membeberkan keberhasilan-keberhasilan yang telah ditempuh institusinya periode 2013-2014 di hadapan Presiden Joko Widodo.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Menurut Prasetyo, penanganan perkara tindak pidana korupsi di Kejaksaan sepanjang tahun 2013 ada 1.653 perkara yang sedang disidik, sementara tahun 2014 ada 1.270 perkara. Kemudian, perkara yang sudah masuk dalam tahap penuntutan pada tahun 2012 sebanyak 2043 perkara dan 2014 sebanyak 1680 perkara.
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah


Sementara dalam upaya penyidikan, sepanjang tahun 2013 kejaksaan mengklaim berhasil menyelamatkan uang negara sebanyak Rp430 miliar, dan pada tahun 2014 sebanyak Rp202 miliar.


Sedangkan di bidang perdata, Kejaksaan mengklaim telah menyelamatkan uang negara sepanjang tahun 2013 sebanyak Rp1 triliun,  dan tanah seluas 13.000 meter persegi.


Kejaksaan juga mengklaim telah menangkap 65 buronan sepanjang tahun 2013 dan 72 buronan sepanjang tahun 2014.


Di dalam laporan keuangan pun, BPK telah memberikan persepsi wajar tanpa pengecualian pada tahun 2013.


Mantan politikus Nasdem ini mengaku Kejaksaan juga tengah membangun database aduan di seluruh Kejaksaan Tinggi, serta memberikan penilaian kepada seluruh Kajati. "Bisa saksikan data secara cepat dan akurat. Program quick win reformasi birokrasi," ujar Prasetyo.


Dari sisi layanan publik, Kejaksaan terang dia, juga sudah mengembangkan teknologi informasi agar bisa diakses publik. Di website Kejaksaan, publik disediakan kanal khusus untuk aduan masyarakat.


Kesejahteraan Bagi Jaksa


Di samping itu, Prasetyo melaporkan kepada Jokowi tentang terbitnya Perpres tentang tunjangan jabatan jaksa. Kejaksaan juga telah membangun rumah susun sederhana khusus bagi jaksa.


Kemudian, pada 12 September 2014, telah dibangun Rumah Sakit Umum Adhyaksa khusus untuk jaksa dan masyarakat umum. "Kita dapat bantuan dari presiden ketika beliau menjadi gubernur DKI Jakarta," terang Prasetyo. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya