VIDEO: Presiden Jokowi "Blusukan Asap" di Riau

Joko Widodo
Sumber :
  • VIVAnews/Ali Azumar (Riau)

VIVAnews - Presiden Joko Widodo mendatangi area hutan terbakar yang menimbulkan kabut asap di Desa Sungai Tohor, Pulau Meranti, Kabupaten Siak, Riau, 27 November 2014. Kehadiran Presiden Jokowi blusukan untuk mencari solusi penanggulangan kebakaran lahan dan pengelolaan lahan gambut.

Kesediaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Blusukan Asap ke Riau melihat lokasi kebakaran lahan gambut dan hutan menumbuhkan harapan Indonesia bisa bebas tanpa asap pada tahun depan. Ini menunjukkan komitmen Presiden Jokowi menjadikan penyelesaian bencana ekologis tersebut sebagai prioritas dan agenda utama pemerintahannya.

Selengkapnya tonton di ini.

Walhi, Yayasan Perspektif Baru (YPB), dan Greenpeace Indonesia menilai "Blusukan Asap" yang dilakukan Presiden Jokowi menjadi langkah awal upaya mengatasi kebakaran lahan gambut dan hutan seperti keinginan publik yang disuarakan melalui penandatanganan petisi di www.change.org/blusukanasap 

Menurut siaran pers yang dilansir Greenpeace, Presiden dan rombongan mendarat di Sungai Tohor, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, untuk melihat langsung lokasi bencana ekologis dan berbicara dengan warga setempat.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Dalam kunjungannya itu, Presiden Jokowi memberikan pernyataan tentang komitmen pemerintah melindungi lahan gambut. “Dengan menyekat kanal, lahan gambut akan basah, sehingga tidak akan mudah terbakar atau dibakar. Ide atau gagasan masyarakat ini harus diangkat, dan sekat kanal harus dipermanenkan," ujarnya.

Mengenai pencabutan izin perusahaan, Presiden sudah memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengurus. “Yang paling baik memang diberikan ke masyarakat untuk diolah menjadi lahan sagu. Lahan yang dikelola masyarakat biasanya ramah terhadap ekosistem, tetapi jika diberikan kepada kepada perusahaan akan monokulur," kata Jokowi. (art)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024