Ini Rencana Strategis TNI di Bawah Pemerintahan Jokowi

Panglima TNI Jenderal Moeldoko saat membuka sekolah intelijen
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVAnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memiliki rencana ke depan untuk pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI. Rencana Jokowi ini sudah tentu berbeda dengan apa yang dilakukan pemerintahan sebelumnya. Untuk itu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko telah mengevaluasi rencana strategis untuk prajurit TNI agar sesuai dengan rencana Jokowi.

"Rencana renstra (rencana strategis) pembangunan 2014-2019 kita akan evaluasi," kata Moeldoko di hadapan Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 28 November 2014.

Beberapa yang dievaluasi, diantaranya adalah rencana strategis untuk kesejahteraan prajurit yang akan dilaksanakan pada 2015-2019. Sebab, kata Moeldoko, rencana pembinaan dan kesejahteraan prajurit belum ada.

"Sehingga kita bisa bangun proyeksi pada tahun depan berapa perumahan prajurit bisa diselesaikan, rumah sakit prajurit dan sistem penggajian dan peningkatan bagi prajurit TNI," ujar dia.

Moeldoko menambahkan, rencana strategis ini juga berlaku dalam pemeliharaan alutsista dan perkantoran. "Sehingga semua alutsista yang kita beli jangan sampai ada kerusakan bersamaan tetapi anggaran belum tersedia," kata Moeldoko.

Rencana strategis ini tentu berbeda dengan masa pemerintahan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di pemerintahan lalu, lebih mengutamakan pembelian senjata baru yang lebih canggih.

Moeldoko juga menyoroti soal penguatan pusdiklat TNI untuk mengembangkan sumber daya manusia di tubuh TNI. Di mana, peralatan canggih TNI yang terus berdatangan harus juga diimbangi dengan kemampuan para prajuritnya.

"Saat ini berdatangan alutsista yang canggih, sehingga penguatan SDM ini ditingkatkan dari waktu ke waktu," ujar dia.

Selain itu, Moeldoko juga mengaku telah melakukan penguatan badan intelijen strategis dengan melakukan pendidikan selama enam bulan.

"Setelah reformasi berjalan, badan intelijen strategis kita telah mengalami penurunan. Kami telah melakukan langkah-langkah agar efektif dan efisien, peningkatan. Kami didik secara berkelanjutan, kami ingin menciptakan manusia-manusia intelijen," ucapnya.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024