Bentuk Komando Gabungan, TNI Tunggu Restu Jokowi

Jokowi Beserta Panglima TNI dan Kapolri di Istana
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Moeldoko telah membentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Ini adalah komando yang dibentuk oleh tiga matra TNI yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Menurut Moeldoko, TNI telah membentuk tiga kogabwilhan yang hanya tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

"Mohon kiranya presiden bisa membuat keputusan," kata Moeldoko di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat 28 November 2014.

Konsep Kogabwilhan diharapkan dapat mempercepat usaha atau memperkuat daya tangkal TNI. Kekuatan regional Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara akan terintegrasi ke dalam kelompok pertahanan terpadu untuk menjaga integritas teritorial dan kedaulatan negara.

Selain itu, Moeldoko juga melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa selama ini pembinaan prajurit TNI terus dilakukan. Sehingga ada rantai komando yang kuat dari pucuk pimpinan hingga prajurit terendah.

"Panglima hanya bisa diperintah oleh presiden, pangkotama hanya diperintah panglima. Jadi sangat tegas rantai komando, jadi atensi kami semuanya sehingga satu garis komando dari presiden mengalir sampai prajurit terendah," ujarnya.

Moeldoko menambahka ego antar angkatan di TNI juga sudah ditekan habis. Sehingga soliditas TNI bisa digalang dengan baik.

Baca juga:

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final
Ungkap kasus produksi narkotika tembakau sintetis di Tangsel

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Petugas menangkap remaja tersebut saat melakukan patroli pengamanan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024