Gelapkan Uang Rp3,2 T, Cipaganti Diserbu Demonstran

Investor gathering IPO PT Cipaganti Citra Graha Tbk
Sumber :
  • Cipaganti.co.id

VIVAnews - Ratusan orang menggereduk kantor pusat Cipaganti Group di Djunjunan, Pasteur, Bandung, Kamis 27 November 2014. Para mitra Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada ini menanyakan nasib uang investasi dikumpulkan koperasi itu.

Tiga ratusan orang ini tak cuma dari Bandung, tapi juga dari Jakarta dan kota-kora lain.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Pantaun di lapangan, massa tak bisa masuk kantor itu lantaran dijaga ketat. "Di mana uang Rp3,5 triliun kami?" kata Salim sambil berteriak. Salim merupakan salah satu korban investasi bodong Koperasi Cipaganti.

Setelah kesal tak ditanggapi, massa kemudian melanjutkan aksi di depan Kantor Pemerintah Kota Bandung.

Sekadar informasi, pada 23 Juni, Polda Jawa Barat menahan bos Cipaganti Group, Andianto Setyabudi, karena diduga menggelapkan uang milik 8.700 mitra koperasi dengan nilai Rp3,2 triliun. Selain itu, Polda Jabar juga menangkan istri Andi, Yulida Tjendrawati dan Komisaris Cipaganti Djulia Sri Rezeki.

Ketiganya menghimpun penyertaan modal dari ribuan mitra sejak 2008 hingga 2014. Dari koperasi ini terhimpun uang Rp3,2 triliun.

Mereka mengiming-imingi bagi hasil tinggi bagi para calon mitra koperasi. Namun sudah beberapa bulan ini koperasi gagal memberi imbalan.

Koperasi Cipaganti menawarkan keuntungan atau imbal hasil setiap bulan berkisar antara 1,4 persen sampai dengan 1,6 persen disesuaikan dengan masa kemitraan yang dipilih oleh investor, yaitu 1-5 tahun. Untuk tenor satu tahun, imbal hasilnya 1,4 persen per bulan. Sedangkan untuk tenor dua tahun sekitar 1,5 persen per bulan dan 1,6 persen per bulan, untuk tenor tiga tahun Untuk tenor 4-5 tahun, imbal hasilnya bisa mencapai 1,65-1,7 persen per bulan.

Dalam proposal koperasi itu, dana yang dikumpulkan mitra akan diinvestasikan lewat usaha stasiun pompa bensin atau SPBU, jasa transportasi, jasa alat berat dan lainnya. Namun, ada indikasi dana nasabah itu mengucur perusahaan lain.

Cipaganti Group saat ini memiliki sejumlah lini bisnis. Mulai dari transportasi (PT Star Line, PT Grand Transportasi Sejahtera, PT Transportasi Lintas Indonesia), penyewaan alat berat (PT Cipaganti Heavy Equipment), hingga pertambangan (PT Cipaganti Inti Resources). Sedangkan Koperasi Cipaganti Karya Guna Persada merupakan pemilik 4,4 persen saham Cipaganti Group.

Asep Barbara/Bandung/asp

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Berita Cipaganti lainnya:

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya