Alasan Menteri PAN Imbau Pejabat Makan Singkong

Yuddy Chrisnandi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi membuat surat edaran nomor 10 Tahun 2014 pada 21 November 2014 yang mewajibkan seluruh instansi pemerintahan menyediakan makanan lokal hasil pertanian dalam negeri.
Potret Layanan Ratusan Mitra Utama Bea Cukai Tanjung Priok

Menurut Yuddy, ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan pemerintahan. Jadi, harus mengutamakan makanan dalam negeri.
5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

"Yang impor nggak usah lagi, supaya petani kita bisa dapat nilai tambah, bisa ikut menikmati kebijakan ini," kata Yuddy di Istana Negara, Jakarta, Kamis 27 November 2014.
Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Menurut dia, meski produk dalam negeri lebih mahal, namun setidaknya itu bisa menghidupi petani lokal. Serta merangsang mereka untuk bercocok tanam.

"Nggak harus singkong semua, azas kepantasan, kalau diolah kan enak, banyak cara mengolah produk lokal," kata dia.

Selain itu, ujar Yuddy, singkong juga dapat memberi kesehatan bagi para pejabat.

"Sekarang kan kan banyak orang sakit kolesterol akibat asupan makanan dengan kadar gula lemak tinggi, jadi kalau ada instansi pemerintahan yang imbau makanan lokal untuk sajian kenegaraan, ya bagus," kata dia.

Menurut Yuddy, surat edaran itu diberikan untuk seluruh kementerian dan departemen. Diharapkan mulai 1 Desember 2014 semua instansi sudah menyediakan makanan lokal di setiap rapat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya