Februari Puncak Hujan, 274 Daerah Rawan Longsor Diminta Waspada

Sebelas Daerah Rawan Longsor di Gunungkidul dan Magetan
Sumber :

VIVAnews - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan musim hujan mencapai puncak pada Januari dan Februari. Sebanyak 315 kabupaten/kota rawan banjir dan 274 kabupaten/kota rawan longsor diminta waspada.

Ratusan wilayah itu tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam kategori: ringan, sedang hingga tinggi.

"Catatan kami untuk kawasan yang rawan banjir, setidaknya ada 60 juta orang yang akan terdampak dan yang longsor ada sekitar 124 juta orang. Sebab, mereka berdomisili di kedua kawasan yang dianggap rawan banjir dan longsor," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Jakarta, Kamis, 27 November 2014.

Daerah yang berpotensi banjir rata-rata berdekatan atau berada di sepanjang sungai besar di Jawa dan sebagian Sumatera. Sementara itu, daerah rawan longsor rata-rata berada di sekitar pegunungan di Sumatera, Jawa bagian tengah dan selatan, Bali, Papua, serta Sulawesi.

"Daerah-daerah ini, berpotensi terkena banjir dan longsor. Terutama pada puncak musim penghujan pada awal tahun dan pertengahan Februari 2015," kata Sutopo.

Bencana banjir dan longsor, kata dia, berdasarkan data statistik BNPB menempatkan bencana itu sebagai bahaya mematikan di Indonesia. Sepanjang 2014, dari 1.136 kejadian bencana banjir, longsor dan puting beliung, longsor menjadi bencana yang paling tinggi menyebabkan korban tewas.

"Secara keseluruhan ada 355 korban tewas, lebih dari 1,7 juta jiwa mengungsi dan menderita serta lebih dari 25 ribu rumah rusak," kata Sutopo.

Karena itu, kepada masyarakat yang berada di kawasan itu, untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana tersebut. Sebab, puncak musim penghujan akan terjadi pada Januari hingga Februari 2015.

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

"Sewaktu-waktu bencana bisa terjadi. Prediksi kami bulan Januari dan Februari jadi puncak musim hujan. Mungkin saja terjadi lebih cepat," katanya.

Daerah rawan banjir:

- Kota Medan Sumatera Utara
- Riau: kawasan Sungai Siak, Kampar dan Sungai Rokan
- Jambi: kawasan Sungai Batanghari
- Banten: kawasan Sungai Ciujung, Ciliman, Cidurian, dan Cisadane
- Jakarta: kawasan Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, dan Angke
- Jawa Barat: kawasan Sungai Citarum, Cimanuk, dan Citanduy
- Jawa Tengah: kawasan Sungai Pemali, Comal, Jragung, Tuntang Lusi, Serang, Juana, Serayu, Bogowonto, Citanduy, dan Bengawan Solo
- Jawa Timur: kawasan Sungai Bengawan Solo dan Sungai Duduk Sampean

Daerah rawan longsor:

- Kawasan Bukit Barisan dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung
- Jawa bagian tengah dan selatan
- Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku dan Papua serta seluruh Sulawesi

(art)

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Baca berita lain:



Kecelakaan Kereta Mengerikan di Swiss

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024