Jalankan Misi Perdamaian, 140 Personel Polri Diterbangkan ke Sudan

Apel Operasi Lilin Jaya 2010
Sumber :
  • Foto: ANTARA/Basri Marzuki
VIVAnews
Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
- Setelah enam bulan melakukan pelatihan berbagai kesiapan, sebanyak 140 personel Kepolisian Republik Indonesia yang tergabung dalam Satuan Tugas Formed Police Unit (FPU) Indonesia VII akhirnya dikirimkan ke Darfur, Sudan (UNAMID).

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengatakan, 140 personel ini dikirim guna mengendalikan ketertiban umum, perlindungan pada personel, dan fasilitas PBB serta melindungi warga sipil dan pengungsi korban konflik di Darfur.
Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe


"Mereka yang dikirim adalah 100 personel pasukan taktis dan 40 pasukan pendukung lainnya. Ini juga dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB-Uni Afrika," ujar Sutarman, di Mabes Polri, Rabu 26 November 2014.


Menurut Sutarman, selama dalam pelatihan enam bulan tersebut, para pasukan ini selain pelatihan fisik, dibekali juga dengan pengenalan di setiap medan-medan berbeda, analisis daerah operasi, hingga pengenalan situasi dan karakter masyarakat di daerah tujuan.


"Penugasan ini nantinya selama satu tahun," katanya.


Sutarman menambahkan, Satgas FPU ini terbentuk berdasarkan hasil rekrutmen dari seluruh satuan kerja dan kewilayahan Polri.


Diketahui, sejak 2008, Polri telah mengirimkan pasukannya untuk misi perdamaian dunia. Tercatat sebanyak 1.513 personel pernah ditugaskan dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB.


"Setiap mereka kembali selalu dievaluasi, apa kekurangan dan kelebihan, jadi ketika kami kirim lagi semakin membaik. Selama ini, Garuda dapat apresiasi sangat baik dari PBB," tambah Sutarman.


Sementara itu, menurut jadwal, 140 personel ini akan diterbangkan menuju Sudan, pada Minggu 7 Desember 2014. Mereka akan diberangkatkan melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya