Ratusan Warga Dicoret dari Daftar Penerima Kompensasi BBM

Puluhan Ribu Warga Miskin di Solo Cairkan Dana Kompensasi BBM
Sumber :

VIVAnews – Sebanyak 200 warga dari 452 rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak menerima kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam bentuk dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Mereka adalah warga Desa Argotirto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Meski memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang sebelumnya digunakan untuk mengambil Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), pemerintah desa setempat tidak memberikan undangan pada mereka lantaran sudah tidak masuk kriteria miskin.

“Ada yang karena sudah kaya, pemegang KPS meninggal dan tidak punya ahli waris, atau pun karena nama ganda,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Sri Wahyuni Pudji Lestari, Selasa, 25 November 2014.

RTS yang lain tetap bisa mengambil uang PSKS sebesar Rp400 ribu di loket yang sudah ditunjuk oleh pemerintah desa. Ada sepuluh lokasi pengambilan dana dan akan melayani warga sesuai jadwal hingga 12 Desember 2014.

Sesuai data dari Kantor Pos Malang, Kabupaten Malang mendapatkan jatah sebanyak 146.381 RTS dengan nilai bayar mencapai lebih dari Rp50 miliar. Untuk pembagian jadwal pertama hari ini jumlah yang turun mencapai Rp2,6 miliar di sepuluh titik berbeda.

Verifikasi ulang

Menurut Wahyuni, pemerintah desa setempat memang melakukan verifikasi kembali terhadap penerima KPS yang telah dibagikan tahun 2012. Pemerintah desa akan mencoret pemegang KPS yang dianggap sudah sejahtera dan tidak masuk dalam kelompok miskin.

“Dua tahun kan sudah ada perubahan kesejahteraan, ada juga yang sudah meninggal dan tak ada ahli waris,” katanya.

“Hasilnya juga tidak harus disesuaikan dengan kuota RTS, misalnya, jatahnya 400 orang tapi ternyata yang tidak sejahtera di bawah 400, ya, tidak masalah,” dia menambahkan.

Perubahan nama dan data ini akan dikirim Dinas Sosial ke Kementerian Sosial pusat. Diharapkan pada periode bantuan berikutnya usulan baru tersebut sudah bisa terealisasi.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

“Prosesnya akan lama, setelah saya tanda tangani, data baru ini akan dikirim dan diproses di pusat. Kalau ada program berikutnya, mungkin usulan baru kami bisa mulai digunakan,” katanya.

Klarifikasi Kantor Pos

Kepala Humas Kantor Pos Malang, Imam Syafii, menyatakan tidak terlibat dalam perubahan data penerima PSKS. Kantor Pos berfungsi sebagai juru bayar.

“Tugas kami adalah membayar pemegang KPS yang telah terdata per nama dan alamat di database kami. Kalau ada perubahan penerima, itu sudah kewenangan Dinas Sosial,” kata Imam.

Jika hingga batas akhir waktu yang terjadwal, yaitu 12 Desember 2014, anggaran PSKS tidak terserap seluruhnya, anggaran itu akan dikembalikan ke Kantor Pos pusat di Jakarta.

“Sampai sekarang Kantor Pos belum punya mekanisme perubahan nama RTS. Tugas kami sebagai juru bayar pemegang KPS saja,” imbuhnya. (art)


Baca berita lain:





Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024