Sejumlah Penerima Dana Kompensasi BBM Kenakan Perhiasan Emas

Dana Kompensasi BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Ari Syahril Ramadhan
VIVAnews
Enam Etika Silaturrahim
- Ribuan warga Kota Manado, Sulawesi Utara, menerima dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, hari ini, Senin, 24 November 2014.

Alasan Yordania dan Arab Saudi Justru Bantu Israel Lawan Serangan Udara Iran

Para warga kurang mampu itu tertib mengantre untuk mendapatkan giliran menerima dana PSKS di Kantor Pos Pusat Besar di Kota Manado. Mereka rela mengantre selama berjam-jam untuk mendapatkan uang Rp400 ribu untuk November dan Desember 2014.
Alasan Filsafat Harus Lahir di Yunani Bukan di Negeri Lain


Tapi, tampak beberapa penerima mengenakan aneka perhiasan emas, seperti kalung, anting, dan gelang. Mereka mengaku senang menerima uang bantuan itu meski keberatan dengan kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok sebagai akibat kenaikan harga BBM bersubsidi.


Menurut Susan, seorang warga penerima dana PSKS, bantuan itu sangat membantu warga yang kurang mampu. Namun tetap saja kenaikan harga BBM ini sangat memberatkan mereka. Soalnya sekarang hampir seluruh bahan pokok di pasar mengalami kenaikan yang cukup tinggi.


Di Kota Manado, ada 1.635 rumah tangga sasaran (RTS) warga kurang mampu dari tiga kecamatan, yakni 394 RTS dari Kecamatan Sario, 494 RTS dari Kecamatan Wanea, dan 747 RTS dari Kecamatan Wenang.


Program kompensasi


PSKS adalah salah satu program unggulan pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla yang sekaligus kompensasi kenaikan harga BBM sebesar Rp2.000 per liter sejak 18 November 2014.


Dikutip dari laman Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,
Kemenkopmk.go.id
, PSKS adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu, yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan sebagai bagian dari strategi nasional keuangan inklusif.


Pemberian bantuan untuk mendorong akses terhadap sistem keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan pendapatan serta menjaga stabilitas sistem keuangan.


Pemberian simpanan merupakan perbaikan dari mekanisme pemberian bantuan tunai dalam bentuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLM) yang diberikan sebagai bagian dari paket kompensasi akibat penyesuaian harga BBM pada tahun 2013. (ren)


Marwan Dias Aswan/Manado



Baca berita lain:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya