Ini Perempuan Pertama Jadi Rektor UGM

Pakar gempa UGM, Dwikorita Karnawati, tunjukkan zona gempa Sumatera Barat
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri
VIVAnews
Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah
- Prof Ir Dwikorita Kranawati, MSc PhD terpilih oleh Majelis Wali Amanat (WMA) UGM sebagai rektor yang baru UGM menggantikan Pratikno yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Dwikorita sebelumnya menjabat sebagai wakil rektor bidang kerja sama dan alumi UGM.

3 Faktor Cegah Operasi Intelijen Siber, Jangan Terbalik

Dengan terpilihnya itu, Dwikorita mengukir rekor sebagai rektor perempuan pertama dalam sejarah UGM.
Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR


"WMA sudah bermusyawarah dan akhirnya memutuskan Ibu Dwi Korita sebagai rektor UGM menggantikan Bapak Pratikno," kata  ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Prof.Dr.Sofian Effendi, Sabtu 22 November 2014.


Sebelum diputuskan nama Dwi Korita ada 5 kandidat calon rektor UGM. Dari 5 calon yang diajukan dua nama tidak memenuhi kriteria.


"Tiga calon Jumat kemarin kita
interview
. Saat itu  Pak Didik mengatakan masih ingin konsentrasi membenahi sistem administrasi keuangan UGM dan Pak Iwan belum siap dan ingin membenahi administrasi akademik," katanya.


Dari dua wakil rektor tersebut selain menyatakan masih ingin berkonsentrasi menangani tugasnya, juga mengusulkan kepada MWA agar Dwikorita Karnawati menjadi rektor. Setelah melihat rekam jejak dan prestasinya akhirnya Majelis Wali Amanat (MWA) yang beranggotakan 23 orang memutuskan Dwikorita menjadi Rektor UGM mengantikan Pratikno, sampai 2017 mendatang.


"Ini menjadi sejarah bagi UGM karena sejak berdiri 65 tahun yang lalu Ibu Dwi Korita satu-satunya rektor perempuan pertama di UGM," katanya.


Dalam sidang Majelis Wali Amanat (MWA) kata Sofian prosesnya sangat cepat. Setiap anggota mengutarakan pandanganya serta pendapatnya lalu memutuskan. Tidak ada perdebatan yang cukup panjang.


"Yang membanggakan, semua calon legowo dan menyatakan diri siap mendukung kerja dari rektor baru," kata dia.


Pelantikan Dwikorita sebagai rektor baru Universitas Gajah Mada (UGM) akan digelar Senin, 22 November.


"Senin dilantik, Pak Pratikno sudah kita hubungi dan memastikan datang ke pelantikan rektor," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya