Politisi PKS: Mental Birokrat Kita Feodal

Anggota Fraksi PKS Sohibul Iman.
Sumber :
  • www.fraksipks.or.id

VIVAnews - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menyatakan, mental aparatur birokrasi di Indonesia masih feodal.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Untuk itu, guna mewujudkan pelayanan publik yang baik, mental para pelayan publik tersebut harus diperbaiki.

"Yang harus diubah adalah mental birokrat kita. Mental birokrat kita ini, saya nilai masih feodal," ujarnya di Jakarta, Sabtu 22 November 2014.

Wakil Ketua Komisi X DPR ini mengaku pernah menjadi birokrat di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Meski bukan di sektor layanan publik, tapi dia bisa mengamati, ada kekurangan di lingkungan kerjanya saat itu, yakni etos kerja.

"Sudah dipahami, birokrat nggak mungkin dipecat, kecuali mereka tidak masuk berturut-turut selama tiga bulan. Ini memberi insentif bagi mereka untuk malas. Ini harus diperbaiki. Bagaimana dibuat aturan setiap saat mereka terancam diberhentikan," ujarnya menambahkan.

Sohibul menilai, birokrat adalah posisi yang istimewa karena bertugas melayani masyarakat. Namun, fakta di lapangan mereka justru yang seringkali minta dilayani masyarakat.

"Harus diubah mentalnya, tapi banyak juga birokrat yang menyadari ini dari masyarakat, hidup bersama masyarakat, bekerja untuk masyarakat ini saya kira sudah ada."

Meski demikian, ia juga mengkritik mental masyarakat Indonesia yang lebih suka menempuh jalan pintas.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG Dibayangi Koreksi Wajar Akibat Fluktuasi Rupiah hingga Kondisi Geopolitik Global

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 35 poin atau 0,49 Persen di level 7.131 pada pembukaan perdagangan Jumat pagi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024