Menkes Imbau Kantor-kantor Sediakan Taman Pengasuhan Anak

Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVAnews - Menteri Kesehatan Prof. dr. Nila Farid Moeloek Sp.M hari ini meresmikan Taman Pengasuhan Anak dan Ruang Laktasi di Kantor Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Acara tersebut berlangsung di halaman Teras TPA Serama Lt1 Blok C Gd. Adyatma Kantor Kemeterian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta.
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Bagi kaum ibu pekerja, adanya Taman Pengasuhan Anak (TPA) di kantor sangat membantu mendekatkan mereka dengan anak di tengah kesibukan di kantor. Tentunya, lanjut Menteri Nila, hal ini berlaku juga bagi para Ibu yang berdinas di Kementerian Kesehatan sehingga diharapkan para orangtua yang berada di lingkungan Kemenkes dapat mengasuh anak secara berkualitas dan tetap bisa bekerja.  Dahulunya tempat tesebut adalah Poliklinik tempat pemeriksaan, namun sekarang berubah fungsi menjadi Tempat Pengasuhan Anak.  
YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

“Anak-anak memerlukan sentuhan dari orangtua yang bertanggung jawab untuk menjadikan mereka anak-anak berkualitas," ujar Nila seperti yang disiarkan oleh Kantor Kementerian Kesehatan.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

“Anak-anak membutuhkan gizi seimbang dan pemberian ASI eksklusif agar tumbuh kembang anak menjadi maksimal. Meskipun ibunya sibuk bekerja di lingkungan Kantor Kemenkes, setidaknya anak-anak mereka dapat dititipkan di ruang pengasuhan itu agar anak tumbuh sehat dan cerdas," lanjut dia.

Ruang tersebut dilengkapi ruang laktasi, taman bermain, ranjang tidur balita, dan masih banyak fasilitas pendukung lainnya. Aturan pemberian ASI eksklusif sudah diatur oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 33 Tahun 2012. Dalam aturan itu disebutkan, ASI eksklusif wajib diberikan kepada bayi sampai usia enam bulan.

Dengan adanya ASI eksklusif, bayi dipastikan terjaga gizinya dan terhindar dari serangan penyakit. Bayi mendapatkan zat-zat imun yang didapat dari kandungan ASI dari ibunya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya