TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Mereka Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional Tahun Ini

Di antaranya Sukarni, tokoh di balik proklamasi kemerdekaan RI
Mereka Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional Tahun Ini
Tugu Pahlawan (Antara/ Bhakti Pundhowo)

VIVAnews - Presiden Joko Widodo memberikan gelar pahlawan nasional kepada beberapa tokoh nasional di Istana Negara, Jakarta, Jumat 7 November 2014. Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 115/III/2014 yang ditetapkan pada 6 November 2014.

Mereka yang diberi anugerah pahlawan nasional adalah mereka yang semasa hidupnya telah memimpin dan melakukan perjungan senjata, politilk dan perjuangan lainnya untuk memerdekakan bangsa

Mereka yang mendapat gelar pahlawan nasional adalah sebagai berikut.

1. Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting. Dia adalah tokoh dari Sumatera Utara. Djamin diberi gelar pahlawan nasional karena jasanya yang telah melakukan perang gerilya dan memimpin pemberontakan terhadap DI/TII. Kemudian, dia juga telah menentang atasannya untuk menunjukkan kesetiaan pada RI.

2. Sukarni Kartodiwerjo, tokoh asal Jawa Timur. Dia dianugerahi pahlawan nasional karena telah merumuskan naskah proklamasi dan mendesak Bung Karno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan, serta melakukan rapat raksasa di lapangan Ikada dan mengambil alih kekuasaan dari pemerintah Jepang.

3. Muhammad Mangundiprojo, tokoh asal Jawa Timur. Dia dinilai telah berjasa dalam peristiwa revolusi. Dia mendesak panglima Jepang menyerahkan senjata dan menguasai objek vital 45

4. KH Abdul Wahab Hasbullah tokoh dari Jawa Timur. Dia melakukan jihat terhadap perjuangan mempertahankan kemerdekaan, melalui NU memerang pemerintah Belanda.

Mereka masing-masing menerima penghargaan dengan diwakili oleh ahli waris.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP