Jokowi Targetkan Swasembada Pangan Tercapai Dalam 3 Tahun

Petani memotong batang padi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
VIVAnews
Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global
- Presiden Joko Widodo menargetkan swasembada pangan dalam tiga tahun ke depan. Untuk itu, pemerintah gencar membangun bendungan setiap tahun.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Setiap tahun harus ada 5 sampai 7 bendungan dibangun," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Selasa 4 November 2014.
Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23


Jokowi mengatakan, saat ini ada 52 persen irigasi rusak. Untuk itu, harus ada pembagian antara pusat, provinsi dan kabupaten kota untuk membangun irigasi. Pembagian ini akan dilakukan oleh kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Keuangan.


"Ini harus paralel, ini harus dilakukan dari waduk ke sawah harus berintegrasi dengan baik," ujar presiden.


Jika ini tersambung, kata dia, semua target akan tercapai selama 3 tahun. "Jangan sampai sudah ada irigasinya baru dibuat bendungan, rusak nanti," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.


Untuk itu, dia meminta semua gubernur di seluruh Indonesia memberikan informasi kekuatan pertanian di masing-masing daerah. Sehingga, itu akan menjadi prioritas pembangunan bendungan dan irigasi. "Tidak hanya beras, tebu dan lainnya juga bisa," ujar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya