Pendaki yang Tewas di Semeru Mahasiswa UGM

Ilustrasi/Para pendaki di Gunung Semeru
Sumber :
  • VIVAnews/D.A. Pitaloka
VIVAnews
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
– Seorang pendaki asal Aceh bernama Achmad Fauzy tewas di Arcopodo saat mendaki Gunung Semeru pada Senin 3 November 2014 petang. Diketahui identitas pendaki adalah mahasiswa Pascasarjana Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dia berasal dari Desa Tulakan, Kecamatan Gunung Merah, Kabupaten Aceh Singkil.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

“Dia mendaki bersama rombongan teman kuliahnya,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari Selasa 4 November 2014.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku


Diduga korban mulai naik dari Ranupane pada Kamis pekan lalu. “Yang bersangkutan mendaki bersama rombongan teman kuliahnya. Sebelum mendaki kami sudah ingatkan bahwa batas pendakian di Kalimati, tapi rombongan nekat naik ke Mahameru (nama puncak Gunung Semeru). Tadi malam tim evakuasi bergerak ke Arcopodo,” katanya.


Kalimati merupakan basecamp kedelapan di ketinggian 2.800 meter dari permukaan laut (mdpl) dan di bawah Arcopodo yang berlokasi di ketinggian 2.900 mdpl. Saat ini jasad Fauzy sedang dievakuasi dari Arcopo ke Ranupani (2.200 mdpl), pos pendakian pertama sekaligus tempat pendaftaran pengunjung.


Ranu pane berjarak sekitar 16,5 kilometer dan menghabiskan waktu tempuh 7 jam dari Arcopodo. Perkembangan terakhir proses evakuasi masih berlangsung dan saat ini jenazah berada di sekitar Watu Rejeng. Diperkirakan jenazah akan sampai di Ranu Pane nanti siang.


Ayu belum bisa memastikan penyebab kematian Fauzy karena masih menunggu laporan lengkap dari tim evakuasi. Dugaan sementara korban meninggal akibat terjatuh saat mendaki. “(Informasi) sementara dia jatuh, detailnya belum bisa diinformasikan,” ujarnya.


Fauzy adalah pengunjung TNBTS pertama yang meninggal dalam pendakian ke Gunung Semeru sepanjang tahun ini. Pengunjung terakhir yang tewas bernama Bakuh Subagio, 56 tahun, warga Pongangan, Gresik. Bakuh tewas kena serangan jantung di Pos Landengan Dowo, pos kedua dari sepuluh pos pendakian, pada Kamis, 6 Juni 2013.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya