Seorang Pendaki Tewas di Gunung Semeru

Gunung Semeru
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu
- Seorang pendaki Gunung Semeru asal Aceh, dilaporkan meninggal dunia di kawasan Arcopodo, Senin 3 November 2014 sekitar pukul 16.00 WIB. Pendaki bernama Achmad Fauzy, 30 tahun, ini mendaki bersama teman-teman kuliahnya. Belum diketahui pasti bagaimana kronologi meninggalnya Fauzy.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TBTS) Ayu Dewi Utari, menyatakan tim saat ini sedang mengevakuasi jasad korban. "Tim evakuasi sudah meluncur tadi malam," kata Ayu, Selasa 4 November 2014.
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi


Jika tidak ada kendala, diperkirakan tim evakuasi bersama rombongan akan tiba di Ranupane sekitar Selasa sore. Ranupane adalah pos pertama pendakian ke Gunung Semeru. Sementara Arcopodo adalah pos sebelum batas vegetasi terakhir di Kalimati. Sebelum bertemu dengan material pasir dari Kalimati menuju puncak Semeru, Mahameru pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.


Diduga rombongan Fauzy menerobos batas akhir pendakian yang disarankan oleh TNBTS. Melihat sifat kawah Jonggring Saloko di Mahameru yang aktif mengeluarkan awan panas setiap detik, TNBTS membatasi pendakian hingga di Kalimati saja.


Sementara Arcopodo berada setelah pos pendakian terakhir, Kalimati. Larangan juga telah disampaikan pada rombongan korban saat hendak mendaki lewat pos Ranupane. Rute pos pendakian sendiri bermula dari Ranu Pane kemudian ke Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, Oro-Oro Ombo, Jambangan, Kalimati, Arcopodo, Kelik, Cemoro Tunggal dan puncak Mahameru.


“Kami tidak mengizinkan pendakian hingga ke puncak. Batas terakhir adalah sampai Kalimati saja,” kata Ayu.


Selain melibatkan kru TNBTS, evakuasi jasad juga dibantu oleh tim SAR serta relawan dari masyarakat setempat. Namun hingga saat ini belum diketahui penyebab dan kronologis meninggal pendaki asal Aceh itu. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya