Basarnas Temukan Alumunium Foil dan Tumpahan Minyak

Basarnas menemukan alumunium foil pesawat latih jatuh
Sumber :
  • Kusnandar/VIVAnews
VIVAnews
Kata Ernando Ari Usai Timnas Indonesia U-23 Pecundangi Australia
- Setelah tabung pemadam berwarna merah, Anggota Tim Basarnas gabungan penyisiran laut kembali menemukan lembaran alumunium foil yang biasa menjadi lapisan dalam pesawat latih, Jumat, 31 Oktober 2014.

Kesaksian Menkeu soal Bansos di MK Dinilai Banyak yang Tak Sesuai Fakta di Lapangan

Selain alumunium foil, sejumlah warga juga menemukan tumpahan minyak yang diduga berasal dari pesawat latih jenis Liberty milik PT Lift yang jatuh.
Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS


Benda berupa lembaran kertas alumunium foil itu ditemukan anggota Basarnas di sekitar perairan Moyo, Sumbawa sekitar pukul 10.43 WITA.


Humas Basarnas Mataram, I Ketut Cakra saat dikonfirmasi membenarkan temuan itu. Namun dia belum dapat memastikan, apakah benda yang ditemukan merupakan bagian dari pesawat yang dicari.


"Kami masih belum bisa memastikannnya apakah benda-benda yang ditemukan anggota kami dilapangan merupakan bagian dari pesawat," kata Ketut Cakra.


Ketut menjelaskan, alumunium foil itu terpantau Basarnas melalui udara. Kemudian Basarnas mendaratkan helikopternya di daratan Pulau Moyo, sambil mengumpulkan keterangan dari sejumlah nelayan sekitar.


Berdasarkan keterangan warga sekitar, ada yang mengaku pernah melihat benda jatuh dari udara di sekitar wilayah tempat mereka biasa mencari ikan. Warga juga menemukan genangan minyak yang tumpah dekat dengan bibir pantai Pulau Moyo.


Dari keterangan itu, Basarnas dan tim gabungan memperluas pencarian untuk membuktikan informasi dari warga Pulau Moyo.


"Memang ada beberapa warga nelayan disana mengatakan kalau dia melihat ada benda yang jatuh di tempat itu. Setelah kami cek tidak menemukan apa-apa. Justru anggota kami tidak jauh dari tempat itu menemukan lembaran serupa alumunium foil," ujarnya.


Ketut Cakra menegaskan, sejauh ini Basarnas Mataram belum dapat memastikan informasi-informasi yang disampaikan warga sekitar yang mengindikasikan lokasi jatuhnya pesawat. "Itu sah-sah saja. Tapi kalau kami Basarnas belum bisa memastikannya," tegas Ketut Cakra.


"Bila dilihat dari benda-benda yang ditemukan sulit dipastikan kalau itu dari pesawat yang hilang," ucapnya. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya