Wacana Kenaikan Harga BBM, Pemerintah Kaji Ulang Bantalan Sosial

Pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Presiden Joko Widodo diperkirakan segera menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Untuk itu, Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil, juga menyatakan akan membuat koreksi kebijakan guna menyusun bantalan sosial.
5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Sebab, dia menilai, penyaluran subsidi selama ini salah sasaran. "Koreksi kebijakan akan dilaksanakan paling lambat akhir tahun," kata Sofyan, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis 30 Oktober 2014.
Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Menurut dia, agar pemberian subsidi kenaikan harga BBM lebih tepat sasaran, pemerintah akan membuat program perlindungan sosial. Misalnya, dengan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sehat.
Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Untuk Kartu Keluarga Sehat ini, kata Sofyan, bantuan tidak lagi berbentuk uang tunai melainkan e-money. "Presiden sudah menguji coba di Sinabung (pengungsi erupsi Gunung Sinabung) pakai e-money," kata dia.

Untuk realisasi Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sehat itu sudah disiapkan dalam APBN 2014. "Sudah disiapkan," sambung Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jika harga BBM dinaikkan, Kementerian Perdagangan akan melakukan kebijakan tersendiri sebelum kenaikan harga BBM itu. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya