Respons KPK Soal Bekas Wali Kota Bekasi Keluyuran Keluar Lapas

Bekas Wali Kota Bekasi Mochtar Mohammad
Sumber :
  • Istimewa
VIVAnews
Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa
- Terungkapnya mantan Wali Kota Bekasi Mochtar Muhammad yang keluar secara diam-diam dari Lapas Sukamiskin Bandung, dinilai sebagai tugas awal bagi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

"Itu Pekerjaan Rumah awal Menteri baru untuk evaluasi total jajaran Lapas sampai sipir-sipirnya," kata Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas dalam pesan singkatnya, Rabu 29 Oktober 2014.
Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 


Busyro menjelaskan, evaluasi tersebut harus dilakukan secara menyeluruh. Sebab, jika tidak dilakukan, menteri yang baru dilantik itu justru akan dipermalukan oleh penyelewengan yang dilakukan anak buahnya.


"Harus
all out.
Jika tidak, akan termalukan oleh anak buahnya yang sebagian melakukan pembusukan dari dalam dengan mentransaksikan wewenangnya," kata Busyro.


Sebelumnya diberitakan, eks Walikota Bekasi Mochtar Muhammad dikabarkan diam-diam keluar tahanan, saat menjalani masa hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung.


Menurut informasi yang terima
VIVAnews,
Mochtar sempat terlihat Senin malam, 27 Oktober 2014, sekitar pukul 19.00 WIB, di salah satu rumah makan di kawasan Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan.


Mochtar yang terlihat mengenakan kaos biru dan celana levis biru lengkap dengan sepatu kasual tengah menyantap makanan khas Makassar bersama salah satu orang yang diduga sopir pribadinya.


Terkait keberadan Mochtar di Jakarta juga telah dibenarkan oleh pihak Lapas Sukamiskin. Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Sukamiskin Heru Tri Sulistiono menyebut bahwa kepergian Mochtar itu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.


Heru menjelaskan, saat ini, Mochtar dalam masa asimilasi di tahanan, sehingga kemudian dia dibolehkan bekerja di sebuah pabrik kompos di sekitar Lapas. Mochtar diperbolehkan keluar Lapas setiap pagi hari untuk bekerja dan kembali ke Lapas pada sore hari.


Terkait kejadian itu Heru mengaku sudah memanggil Mochtar dan petugas pengawal tahanan untuk diminta keterangan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya