Ribuan Orang Turun ke Jalan Peringati I Muharram

Miniatur Ka'bah
Sumber :
  • ANTARA/Basir

VIVAnews - Ribuan orang memadati Jalan Rahadi Usman, Provinsi Kalimantan Barat.

Rupiah Amblas ke Rp 16.200 per dolar AS, Gubernur BI Lakukan Intervensi

Dengan mengenakan berbagai kostum dan membawa beragam spanduk serta ornamen yang berbau Islam, mereka menggelar pawai menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah. Tak hanya itu, mobil dengan hiasan ornamen Islami dan ciri khas Kota Pontianak juga ikut menyemarakkan pawai yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak ini.

Pawai yang bertepatan dengan Hari Jadi Kota Pontianak ke-243 ini melibatkan 64 kelompok yang berjalan kaki dan 30 kendaraan hias. Rute yang dilewati terbagi menjadi dua yakni untuk yang berjalan kaki dan kendaraan hias.

Untuk pawai jalan kaki rute yang ditempuh mulai dari Jalan Rahadi Usman, Pak Kasih, Hasanuddin, Merdeka, Jenderal Urip, Jenderal Sudirman, dan kembali ke Jalan Rahadi Usman.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Sementara itu, pawai kendaraan hias menempuh rute dari Jalan Rahadi Usman, Pak Kasih, Hasanuddin, H Rais A Rahman, Husein Hamzah, Dr Wahidin, Dr Sutomo, Sutan Syahrir, Sultan Abdurrahman, Ahmad Yani, Abdurrahman Saleh (BLKI), Imam Bonjol, Tanjungpura dan kembali ke Jalan Rahadi Usman.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengajak umat Islam menjadi pelopor ketertiban. “Orang yang mau mengikuti aturan yang diatur oleh agamanya maupun negara, Insya Allah hidupnya akan baik,” ujarnya di sela acara, Sabtu 25 Oktober 2014.

Ia mengatakan, tertib pada aturan merupakan salah satu implementasi ajaran Islam. Menurut dia, Kota Pontianak bisa lebih maju jika masyarakat ikut berperan aktif menciptakan Pontianak menjadi kota yang tertib, bersih dan nyaman.

Sutarmidji juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama memberantas korupsi dan pungutan liar. “Dan saya pastikan kalau ada yang berurusan di kelurahan dan kecamatan, masih ada pegawai kita yang menerima pemberian uang atau pungutan liar, silakan laporkan,” ujarnya.

Ia mengklaim, dari 110 unit pelayanan publik yang ada di lingkungan Pemkot Pontianak, 109 di antaranya sudah masuk zona hijau. Sutarmidji menilai, hal itu terjadi karena kesadaran para pegawai sudah semakin baik.

MK Dibanjiri Karangan Bunga Dukung Prabowo-Gibran

“Bahkan ada petugas kita yang merasa tersinggung saat diberi uang atas pelayanan yang diberikan. Ini artinya aparatur kita sudah semakin menyadari perannya sebagai pelayan masyarakat,” tuturnya. (art)

VIVA Militer: Rudal balistik Jericho militer Israel

Ledakan Terdengar di Bandara hingga Pusat Nuklir Iran

Rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran pada Jumat, 19 April setelah beberapa hari Teheran melancarkan serangan pesawat tak berawak ke Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024