Pencarian Koin Kuno di Komering Terus Dilanjutkan

Koin kuno di Sungai Komering
Sumber :
  • VIVAnews/Ajie YK Putra

VIVAnews - Masyarakat di sekitar Sungai Komering, Desa Negeriagung Kecamatan BP Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan menyedot besar-besaran sungai itu pada Jumat, 24 November 2014. Ini menyusul ditemukannya ribuan koin kuno yang diduga peninggalan Dinasti Tang.

Pencarian lanjutan koin kuno yang diinisiasi oleh Jaringan Masyarakat Adat Komering (Jamak) ini mengerahkan empat tongkang. "Ini dilakukan karena kemungkinan masih ada yang lain," Kata Ketua Jamak Leo Budi Rachmadi yang juga pemerhati adat dan budaya Komering.

Penyedotan juga dilakukan untuk mengetahui apakah ada barang lain atau tidak di sekitar lokasi koin kuno. Edi Buana, pengelola dan pemilik tambang koral juga dilibatkan dalam penyedotan ini. 

Lagi Liburan, Vokalis RHCP Anthony Kiedis Sebat Bareng Warga Kepulauan Mentawai

“Teknisnya di bawah kendali Ketua Jamak, sebagai pemerhati adat dan budaya Komering" ujar Edi.

Ribuan keping koin kuno peninggalan masa kerajaan Tiongkok ini ditemukan warga di sebuah tambang batu koral, tepatnya di aliran Sungai Komering, pada Rabu kemarin.

Koin yang berbentuk bundar dan memiliki lubang segi empat itu ditemukan saat warga sekitar sedang melakukan aktivitas penambangan. Ribuan koin yang beratnya puluhan kilogram yang bercampur bersama tumpukan koral itu tiba-tiba tersedot oleh mesin penambang.

Sontak warga yang melihat koin itu langsung mengambilnya dan ternyata koin bertuliskan aksara Tiongkok. Diduga, koin tersebut ada pada peradaban Dinasti Tang yang berjaya pada 618-907. Selain itu, satu batu giok berbentuk tengkorak juga ditemukan di lokasi penambangan.

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Para terduga teroris itu ditangkap di lokasi berbeda.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024