Ada Nilai di Bawah Standar, Apakah Anak Jokowi Bisa Lolos Jadi PNS?

Kahiyang Ayu saat mengikuti tes seleksi CPNS Pemkot Solo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Shodiq
VIVAnews -
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Kahiyang Ayu, putri Joko Widodo, menjalani Tes Kemampuan Dasar (TKD) Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Solo, Kamis, 23 Oktober 2014.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Nilai tes tertulis dengan sistem CAT dari Kahiyang Ayu adalah 300. Sayangnya, salah satu komponen soal yakni Tes Wawasan Kebangsaan Kahiyang di bawah
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
passing grade.

Jika merujuk pada aturan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tentang kelulusan CPNS, maka peserta dinyatakan lolos jika memenuhi nilai passing grade
dari tiga komponen soal TKD.


Sebagaimana diketahui TKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Melansir laman Kemenpan, pemerintah menaikkan nilai ambang batas (passing grade) kelulusan Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS tahun 2014.


Ketentuan mengenai ambang batas kelulusan TKD CPNS itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS tahun 2014.


Kenaikan itu hanya dilakukan terhadap kelompok soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), sementara dua kelompok soal lainnya tetap seperti tahun 2013.


Passing grade untuk TKP ditetapkan dengan kriteria 72% dari nilai maksimal 175, yakni 126. Passing grade TIU merupakan 50% dari nilai maksimal, yakni 75 atau 15 jawaban benar. Sedangkan
passing grade
TWK ditetapkan 40% dari nilai maksimal, yakni 175 (jumlah soal 35), yakni 70.


Menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmadja, passing grade tahun lalu 75 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), 70 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan 105 untuk Tes Karakteristik Pribadi. Pada tahun ini, TKP dinaikkan menjadi 126, sehingga jumlahnya menjadi 271.


Setiawan mengingatkan, meskipun total nilai peserta tinggi tetapi ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi
passing grade
, peserta tes tetap tidak lulus.


"Jadi selain nilainya harus tinggi, peserta harus memenuhi
passing grade
," ujar Iwan Kamis, C 9 Oktober 2014 seperti dilansir laman
www.menpan.go.id


Merujuk pada aturan itu, putri Joko Widodo hampir dipastikan tidak lolos CPNS Pemkot Solo. Sebab, salah satu nilainya, yakni komponen TWK di bawah
passing grade
. Ketentuan nilai ambang batasnya 70 poin. [Baca ]


Sementara nilai Kahiyang Ayu untuk TWK adalah 50 poin. Sedangkan untuk nilai dari komponen soal lain, nilai Kahiyang di atas passing grade. Nilai TIU dan TKP dari Kahiyang adalah 95 dan 155. Jauh melebihi
passing grade
, yakni 75 untuk TIU dan 126 untuk TKP.


Lancer Naibaho, Sekretaris Pelaksana Tes CPNS Pemkot Solo mengatakan lolos tidaknya Kahiyang Ayu tergantung nilai yang didapatnya dan nilai peserta lain.


"Nanti lolos tidaknya tergantung nilai Kahiyang dan nilai peserta lain. Tapi yang jelas yang menentukan lolos tidaknya itu adalah dari Panselnas. Setelah tes ini selesai, semua hasilnya kita serahkan ke Panselnas," ujar Lancer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya