Situs Purbakala Ditemukan di Kebun Kopi di Sumatera Selatan

Situs megalitikum Pokekea, Lembah Besoa, Lore Tengah, Poso
Sumber :
  • Antara/ Zainuddin MN
VIVAnews - Warga Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, menemukan situs megalit yang diduga merupakan pemukiman kuno peninggalan pra sejarah berumur ribuan tahun sebelum masehi. Kompleks Megalitikum itu ditemukan di kawasan perkebunan kopi milik warga setempat.
Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Di lokasi ini, warga menemukan empat megalit yang berada di satu lokasi di dalam areal perkebunan kopi, terdiri dari tiga arca manusia dan satu buah batu datar. Lokasi penemuan ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota pagar alam. 
Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Namun, akibat tidak terawat, kondisi beberapa arca dan megalit menjadi rusak. Beberapa arca manusia sudah tidak memiliki kepala, sedang sebagian lainnya masih tertimbun di dalam tanah.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks

Menurut warga setempat, di dalam kebun kopi miliknya ini terdapat begitu banyak batu. Namun, mereka tidak menyangka kalau dari puluhan batu tersebut terdapat batu megalit berbentuk arca manusia yang usianya sudah ribuan tahun.

Megalit diketahui, saat salah seorang warga duduk di atas batu tersebut. Ketika membersihkan tanah yang menempel di batu, tampak bentuk batu tersebut menyerupai patung yang berukir. Kejadian ini pun langsung dilaporkan ke aparat desa.

Petugas Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya Jambi yang datang ke lokasi langsung mengukur empat megalit ini. Dilihat dari bentuk dan ukurannya, empat megalit ini merupakan Arca Masia dan batu datar yang berusia ribuan tahun.

Penemuan ini selanjutnya akan dilaporkan ke Balai Arkeologi Palembang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dan diketahui secara pasti jenis dan usia benda purbakala ini.

Irwansyah/Sumatera Selatan/asp
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya