TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jemaah Haji Gelombang Pertama Kosongkan Mekah

Yang tersisa tinggal sebagian jemaah gelombang kedua.
 Jemaah Haji Gelombang Pertama Kosongkan Mekah
Jemaah haji di sekitar Masjidil Haram, Mekah (VIVAnews/Umi Kalsum)
VIVAnews - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia di Arab Saudi, Achmad Jauhari, memastikan seluruh jemaah haji gelombang pertama telah meninggalkan Mekah. Saat ini yang tersisa hanya sebagian jemaah gelombang kedua.

Jemaah terakhir kali meninggalkan kota suci pada Rabu malam lalu. "Seluruh jamaah gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah," kata Achmad Jauhari kepada tim MCH di Mekah.

Secara umum untuk proses kepulangan jemaah haji dari Mekah ke Tanah Air melalui bandara King Abdul Aziz, Jeddah, berjalan lancar, meski sempat ada beberapa kloter yang mengalami penundaan penerbangan.

Permasalahan yang terjadi pada jemaah haji gelombang pertama adalah hanyalah barang jemaah haji, baik yang ada di dalam koper maupun barang yang akan dimasukkan ke dalam kabin pesawat.

Jemaah haji masih ada yang membawa air zamzam ke dalam koper, padahal sudah dilarang. Sementara itu permasalahan barang bawaan yang dimasukan ke kabin adalah melebihi kapasitas yang ditetapkan maskapai penerbangan.

Padahal Kementerian Agama telah berkali-kali menyosialisasikan bahwa tas koper tidak boleh melebihi 32 kilogram dan tidak boleh memasukkan air zamzam ke dalam koper. Sementara itu barang yang akan dimasukkan ke dalam kabin hanya satu buah tas dengan berat tujuh kilogram.

Maskapai sendiri telah menyediakan air zamzam sebanyak lima liter yang akan diterima jamaah di tempat debarkasi. "Banyak jamaah haji yang tidak mentaati ketentuan tersebut. Sehingga konsekuensinya barang tidak bisa dibawa pulang ke Tanah Air. Barang yang ditinggal hampir rata-rata berupa 'rice cooker' (pemasak nasi), pemanas air dan alat makan. Ketika dari awal diingatkan,  katanya sayang untuk kenang-kenangan dari Mekah," kata Jauhari.

Jemaah haji gelombang pertama diberangkatkan ke Madinah dahulu baru ke Mekah, sementara jemaah gelombang kedua diberangkatkan ke Mekah dulu baru ke Madinah. Namun sebelum melaksanakan wukuf di Padang Arafah, seluruh jamaah haji berkumpul di Mekah.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP