Jelang Muktamar, Said Aqil-Gus Mus Kembali Dijagokan Pimpin NU

Gubernur Jatim Soekarwo dan Saifullah Yusuf
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama segera menggelar muktamar untuk memilih pimpinan baru. Wagub Jatim Saifullah Yusuf, yang juga sebagai salah satu ketua PBNU, menyebut duet KH Said Aqil Siradj dan KH Mustofa Bisri (Gus Mus) masih layak memimpin PBNU.

"Bulan depan akan diselenggarakan Munas dan Konbes NU di Jakarta yang dibuka Presiden dan ditutup Wapres. Di sana nanti akan dibahas persiapan muktamar NU sesuai perintah AD/ART NU. Jatim siap jadi tuan rumah muktamar NU," ujar pemilik panggilan Gus Ipul ini, Kamis 23 Oktober 2014.

Menurut dia, untuk pemilihan ketua Tanfidziyah akan diserahkan lewat mekanisme pemilihan dari muktamirin. Sementara itu, untuk Rois Aam PBNU diharapkan melalui sistem Ahlul Halli wal Aqdi (musyawarah mufakat dipilih oleh 9 perwakilan Rois Syuriah PWNU tingkat provinsi).

Dia menjelaskan, Rois Aam PBNU tidak mencalonkan tetapi dicalonkan. Ada beberapa nama yang beredar untuk posisi Rois Aam PBNU, yakni incumbent Gus Mus, KH Makruf Amin, dan KH Hasyim Muzadi. Sementara itu, untuk ketum PBNU (Tanfidziyah) ada beberapa nama yang layak, yakni incumbent KH Said Aqil Siradj dan Wakil Ketua Umum PBNU KH As'ad Said Ali.

Proses pemilihan ketua umum PBNU, lanjutnya, tergantung peserta muktamar. Namun, sejauh yang dia nilai, Kiai Said Aqil sudah berhasil memimpin NU.

"Menurut saya beliau masih layak. Duet Kiai Said-Gus Mus layak dipertahankan," imbuhnya.

Saat ditanya apakah siap maju mencalonkan ketum PBNU, Gus Ipul justru merendah. Dia tidak yakin ada yang mau mencalonkannya.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

"Siapa yang mencalonkan saya, kalau saya kan salah satu ketua PBNU. Apa ada potongan jadi ketua umum PBNU?" tuturnya. (art)

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024