PPATK: Tidak Ada Calon Menteri Bertransaksi Triliunan Rupiah

Ketua PPATK Muhammad Yusuf
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Didekati Erick Thohir, Emil Audero Punya Statistik Mentereng di Serie A
- Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Muhammad Yusuf, mengungkapkan kedatangannya ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini bukan untuk bertemu pimpinan guna membicarakan nama-nama calon pembantu Presiden Joko Widodo yang bermasalah secara hukum.

Mulai Lelah, Lin Jarvis Resmi Tinggalkan Tim Yamaha MotoGP

Dia diundang sebagai pembicara untuk acara talkshow Kanal-TV KPK mengenai kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU).
Berkarya dengan Cinta, Terry Persembahan Lagu Istimewa dalam Hawa Surga


"Saya tidak bicara dengan pimpinan KPK. Saya ke kanal TV," kata Yusuf saat keluar dari Gedung KPK, Kamis 23 Oktober 2014.


Kendati demikian, Yusuf mengakui, pihaknya bersama KPK telah menelusuri rekam jejak nama-nama calon menteri berdasarkan pemintaan Presiden Joko Widodo.


Hasil penelusuran itu juga telah disampaikan kepada Jokowi. Itu sebagai bahan pertimbangan untuk menunjuk pembantunya menjalankan program pemerintahan lima tahun ke depan.


"Kan ada 42 nama (calon menteri Jokowi), sudah ditelusuri dan sudah diserahkan," ujarnya.


Saat ditanya di antara 42 nama itu apakah ada yang memiliki transaksi mencurigakan hingga triliunan rupiah, Yusuf menampik. "Tidak ada," katanya singkat.


PPATK sudah menyerahkan hasil penelusuran mereka terkait calon menteri kepada Presiden Joko Widodo beberapa hari lalu. Penelusuran itu dilakukan dengan mengecek transaksi para calon menteri termasuk rekening keluarga.


"Semua transaksi tunai, transksi non tunai, rekening yang bersangkutan, rekening anaknya, rekening istrinya, semua kami telusuri," kata Yusuf kepada wartawan beberapa waktu lalu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya