Atasi Kabut Asap di Jambi, BPPT Sebar 10 Ton Garam

Kabut Asap di Jambi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
VIVAnews -
Teuku Ryan Balas Tudingan Body Shaming Ria Ricis: "Dia Juga Pernah Komentari Penampilan Saya!"
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan 10 ton garam calcium chloride untuk memodifikasi cuaca atau membuat hujan buatan di Provinsi Jambi. Ini dilakukan sebagai upaya penanggulangan bencana kabut asap.

Drama Pernikahan Ria Ricis: Terbongkar Alasan Ibunda Teuku Ryan Sempat Tak Beri Restu

Teknisi BPPT, Fikri Nur Muhammad, Rabu 22 Oktober 2014, mengatakan hujan buatan akan dilakukan di Sumatera Selatan dan Jambi.
Animo Tinggi Masyarakat ke Indonesia U-23 Harus Dijaga, tapi Arahnya Positif


"Posko utamanya di Sumatera Selatan. Garam yang disiapkan dikirimkan dari Pekanbaru sudah di drop ke Jambi. Untuk jumlahnya sebanyak 10 ton yang akan disebar di atas wilayah udara Jambi," ujar Fikri.


Menurut Fikri, tahap awal penyebaran garam untuk hujan buatan dilakukan di Provinsi Sumatera Selatan. Untuk di Jambi, kata dia, penyebaran garam belum bisa dipastikan. Sebab, hal ini dipengaruhi awan pembentuk hujan dan faktor angin.


"Daerah khususnya itu tergantung awan, kami tidak bisa mematok dimana. Apakah di daerah utara, selatan, barat atau timur. Yang pasti area kerja kita di Jambi," kata Fikri.


Pesawat Cassa yang bakal mengangkut dan menyebarkan garam hujan buatan dijadwalkan hari ini sudah berada di Palembang. Kata Fikri, dalam sekali penyebaran, pesawat Cassa mampu mengangkut 1 ton garam.


Sementara itu, Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus sangat berharap hujan bantuan ini berhasil memadamkan titik api yang saat ini sulit dijangkau.


"Saya sudah membuat surat untuk bantuan hujan buatan. Informasi yang saya dengar, lokasi yang terbakar itu mencapai kedalaman 3 sampai 5 meter, dan tidak cukup dengan hujan beberapa hari ini," kata Hasan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya