Istana Mulai Batasi Ruang Gerak Wartawan Peliput Jokowi

Jokowi Tiba di Istana Negara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan
- Sejak menjabat sebagai presiden RI, tentu Joko Widodo banyak mendapat sorotan media baik nasional maupun internasional. Apalagi, Jokowi belum juga mengumumkan struktur kabinetnya.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Informasi mengenai struktur kabinet inilah yang ditunggu-tunggu awak media. Namun, pada hari ini, Rabu 21 Oktober 2014. Semua jurnalis yang biasa liputan di Istana Kepresidenan mulai kesulitan untuk meliput kegiatan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar


Sebab, petugas istana melarang wartawan masuk ke kompleks istana. Bahkan, hanya sekedar menunggu di tempat parkir mobil para menteri pun tidak diperkenankan. "Silahkan mbak, mas, menunggu di
press room
," ujar salah satu petugas biro pers.


Namun, wartawan sempat menolaknya. Kemudian, petugas protokoler pun kemudian kembali meminta wartawan untuk berada di ruang wartawan. "Ini perintah pimpinan," kata salah seorang petugas.


Tapi ketika ditanya, apakah pimpinan itu adalah Jokowi, dia mengatakan bukan. "Bukan (Jokowi), ini perintah pimpinan saja," ujar dia.


Aturan tentu menyulitkan para awak media mengetahui siapa saja tokoh yang dipanggil Jokowi hari ini. Padahal, pada Selasa 21 Oktober kemarin, para wartawan bisa bebas meliput di dalam kompleks Istana Kepresidenan, sehingga bisa mengetahuai siapa saja tokoh yang dipanggil oleh Jokowi.


Peraturan untuk tidak meliput di tempat parkir mobil menteri ini juga hal baru. Sebab, ketika Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden, wartawan bebas mencegat menteri-menteri untuk diwawancara di sekitar parkir mobil menteri. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya