Buruh Penggali Tanah Temukan Arca

Penemuan arca
Sumber :
  • VIVAnews/Daru Waskita
VIVAnews
Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian
- Supardi, buruh yang sedang menggali tanah untuk pendirian Base Transceiver Station (BTS) di Pangukan Rt 01 Rw 09, Tridadi, Sleman, menemukan sebuah arca.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Menurut pengakuan buruh asal Boyolali, Jawa Tengah ini, pada Minggu 19 Oktober 2014, dia menggali tanah. Pada kedalaman 2 meter, cangkulnya membentur benda keras. Setelah dilihat dan diangkat ternyata batu berbentuk persegi panjang.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks


"Banyak sekali bebatuan, kemudian saya singkirkan, namun masih ada satu batu yang belum saya angkat," katanya.


Yang mengagetkan, pada Minggu malamnya, Supardi tertidur pulas dan bermimpi didatangi seseorang. Dalam mimpi itu dia meminta batu yang tertinggal agar sekalian diangkat.


"Senin paginya saya angkat, dan ternyata batu itu mirip arca," katanya.


Benda ini mirip arca di candi-candi yang ada saat ini. Hanya saja sudah ada kerusakan di beberapa bagian. "Selanjutnya saya lapor ke Dinas Kebudayaan, siapa tahu benar itu arca candi," katanya.


Setelah melapor ke Dinas Kebudayaan Sleman yang dilanjutkan dan diteruskan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, pada Selasa tim meninjau lokasi dan mengecek batu-batu itu. Selanjutnya, batu-batu itu dibawa ke kantor Balai Pelestarian Cagar Budaya untuk penelitian lebih lanjut. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya